Paslon Yoyok Sukawi dan Joko Santoso menjalani tes kesehatan di RSUP dr. Kariadi Semarang, Jumat 30 Agustus 2024. Foto : Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang 2024 dari Koalisi Semarang Maju Bermartabat, Yoyok Sukawi dan Joko Santoso menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Kota Semarang, Jumat 30 Agustus 2024.

Yoyok Sukawi dan Joko Santoso mengikuti pemeriksaan kesehatan yang meliputi tes kesehatan fisik, kesehatan kejiwaan, serta tes narkoba. Pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu tahapan persyaratan pendaftaran Pilwakot Semarang setelah berkas pendaftaran diterima oleh KPU.

Joko Santoso hadir lebih awal sekitar pukul 06.50 WIB. Sementara Yoyok Sukawi datang berikutnya. Pasangan Yoyok-Joss kompak mengenakan baju berwarna putih dan celana hitam.

Yoyok Sukawi mengatakan, dia menjalani puasa selama 10 jam sebelum mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan. Dia juga mengaku tidak ada persiapan khusus menghadapi tes kesehatan hari ini.

CEO PSIS itu menyebut, bahwa yang dia lakukan hanyalah istirahat dengan cukup dan sementara tidak berolahraga. Dia optimistis bahwa pemeriksaan berjalan lancar dan akan menunjukkan hasil yang positif.

“Persiapan khusus tidak ada, cuma istirahat, yang jelas istirahat, kemarin seharian istirahat di rumah sama keluarga, Alhamdulillah,” ujar dia sebelum memasuki ruang pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu, Joko Santoso menyebut bahwa pemeriksaan kesehatan ini sangat penting sebagai bagian dari tahapan pendaftaran Pilwakot Semarang. Dia berharap pemeriksaan akan berjalan lancar dan menunjukkan hasil yang positif.

“Tentu ini menjadi persyaratan tahapan dalam Pilkada. Semoga pemeriksaan hari ini berjalan lancar dan saya yakin nanti pada saat pleno, yang diumumkan hasilnya bagus,” kata Ketua DPC Gerindra Semarang tersebut.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Semarang, Agus Supriyono menegaskan, hingga hari terakhir pendaftaran Pilwakot, Kamis tengah malam 29 Agustus 2024, ada dua pasangan calon yang mendaftar di Kantor KPU. Yaitu Yoyok Sukawi-Joko Santoso dan Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin.

Setelah pendaftaran, pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang akan mengikuti serangkaian tes kesehatan yang dijadwalkan hari ini. Agus menyebut ada 27 poin penting dalam tes kesehatan ini.

“Untuk pengumuman nanti tanggal 2 September 2024, keseluruhan hasilnya juga diumumkan tanggal 2 itu. Kalau kesehatan sifatnya rekomendasi, tidak bisa jadi acuan bakal lolos atau tidak,” ungkap Agus.

Sebagai informasi, pasangan Yoyok-Joss diusung oleh sembilan partai politik, yakni Demokrat, Gerindra, PKB, PKS, PSI, Golkar, PAN, PPP, dan Nasdem. Selain itu juga didukung partai non-parlemen, yaitu Partai Buruh, Prima, Perindo, Gelora, Garuda, Hanura, PKN, dan PBB.

Hery Priyono