Pasangan Agustina Wilujeng dan Iswara Aminuddin naik jip diantar 2.000-an pendukung menuju Kantor KPU Kota Semarang. Foto: Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswar Aminuddin mendaftarkan diri ke KPU Kota Semarang menjadi bakal calon Wali Kota dan Wakil Walikota Semarang 2024 – 2029, Kamis 29 Agustus 2024.

Pasangan yang kini disebut duet Jaguar (Jagoanku Agustina Iswar) ini bertolak dari Panti Marhaen sekira pukul 16.00 WIB dengan diiringi massa sekitar 2.000-an orang yang datang dari seluruh pelosok Semarang.

Sepanjang jalan MT Haryono dari Panti Marhaen hingga Kantor KPU Kota Semarang di Jalan dr. Cipto berubah jadi merah-merah dengan banyaknya massa yang mengantarkan kedua pasangan ini.

Agustina – Iswar sendiri diarak menggunakan jip putih dengan diikuti rombongan para petinggi partai PDIP dan para relawan serta simpatisan keduanya.

“Saya petugas partai, ini amanat untuk saya, harus siap. Dengan bangga dan bahagia saya nyatakan siap menang,” kata Agustina sesaat sebelum berangkat dari Panti Marhaen Semarang.

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Agustina Wilujeng Pramestuti dan Iswara Aminuddin saat memberikan keterangan pada media dalam pendaftaran di KPU. Foto: Hery Priyono

Agustina mengungkapkan, terkait turunnya surat rekomendasi di detik-detik terakhir lantaran dirinya juga harus mengurus surat rekomendasi untuk 35 kabupaten kota se-Jateng.

“Yang surat rekomendasi untuk Kota Semarang sendiri malah baru dikirimkan Rabu malam 28 Agustus 2024 dari Jakarta (DPP) dan baru tiba Kamis pagi ini,” katanya.

Sementara itu, Iswar Aminuddin dalam pendaftaran di KPU tersebut sebelumnya sempat bertandang ke kediaman Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Tiba sekitar jam 11.00 WIB, Iswar datang dengan maksud silaturahmi sekaligus bermaksud izin untuk cuti selama sebulan dalam rangka mengikuti kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

“Ibu wali kota pemimpin kita, senior saya. Sebagai anak buah, saya menyampaikan secara langsung langsung bahwa saya akan cuti di luar tanggungan negara,” katanya.

Iswar mengajukan cuti di luar tanggungan negara kepada Wali Kota Semarang selama satu bulan hingga 29 September 2024. Selanjutnya, dirinya juga akan mengundurkan diri sebagai ASN saat dirinya ditetapkan sebagai pasangan calon dalam Pilwakot Semarang 2024 oleh KPU Kota Semarang.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dalam kesempatan tersebut memberikan izin atas pengajuan cuti Iswar sebagai Sekda Kota Semarang untuk mengikuti Pilwakot Semarang.

“Beliau mendapat rekom dari PDIP sebagai bakal calon wakil wali Kota Semarang dan beliau mengajukan izin, ini tahapan yang memang harus dilalui sebagai syarat pendaftaran,” katanya.
Hery Priyono