Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Agus Rohmat di sela-sela pemeriksaan paslon Gubernur Jateng. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dua pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin, hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP dr. Kariadi Semarang, Kamis (29/8/2024).

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam proses pemilihan kepala daerah, guna memastikan para calon memiliki kondisi fisik dan mental yang prima untuk menjalankan tugas kepemimpinan.

Acara yang berlangsung sejak pagi tersebut dilakukan dari tim medis RS Kariadi Semarang bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah yang dihadiri Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Agus Rohmat.

Dalam pemeriksaan ini, kedua pasangan calon menjalani serangkaian tes kesehatan yang komprehensif meliputi pemeriksaan fisik, laboratorium, dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Pemeriksaan fisik mencakup pengecekan kondisi penyakit dalam, jantung, paru-paru, bedah, neurologi, ortopedi, obstetri, ginekologi, saraf, mata, THT, gigi dan mulut, kesehatan jiwa, serta konsultasi dan pemeriksaan psikologis.

Selain itu, pemeriksaan laboratorium dilakukan secara lengkap, mencakup hermatologi, analisis urin, bilirubin total dan direk, protein total, albumin, serta berbagai tes lainnya. Sedangkan pemeriksaan penunjang diantaranya USG abdomen, EKG, dan treadmill test juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai kondisi kesehatan para calon.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memastikan para calon bebas dari penyalahgunaan narkoba, BNNP Jawa Tengah juga melakukan tes narkoba. “Kami dari BNNP Jawa Tengah termasuk dalam tim kesehatan sesuai dengan peraturan KPU menyiapkan tim pemeriksaan Bersih Narkoba sebanyak 43 orang yang tersebar di 4 rumah sakit, yaitu di RS Kariadi, RS Moewardi Solo, RS Soeradji Klaten, dan RS Margono Purwokerto,” ungkap Agus Rohmat.

Ia menyebut, hasil dari seluruh pemeriksaan akan menjadi salah satu faktor penting dalam proses penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang akan berkompetisi dalam Pilkada mendatang.

Diharapkan melalui proses ini, Jawa Tengah dapat memiliki pemimpin yang tidak hanya memiliki visi yang jelas, tetapi juga kesehatan yang mendukung tugas-tugas berat yang akan diemban.

Ning S