Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY), melukis keindahan pemandangan wisata bahari Pantai Klayar, langsung dengan jari-jari tangannya, tanpa menggunakan alat bantu kuas.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Presiden Republik Indonesia (RI) Ke-6, Susilo Bambang Yudoyono (SBY), melukis keindahan pemandangan wisata bahari Pantai Klayar. Lengkap dengan view gugusan tebing Batu Sphinx-nya dan bagian batu karang pantai yang terkenal dengan Seruling Samudera Selatan-nya.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, memanfaatkan waktu kunjungannya di Pacitan, SBY, Minggu (18/8/24), melukis salah satu Pantai Klayar, Pacitan. Yakni pantai yang terkenal dengan gugusan batuan menyerupai sphinx lengkap dengan batu pantai berlubang yang terkenal dengan Seruling Samudera Selatan.

SBY mengabadikan salah satu view Pantai Klayar tersebut, di atas selembar kanvas lukisannya. Putra terbaik Pacitan ini, melukis dengan tidak menggunakan kuas lukis, namun langsung dengan  tangan. Tidak sampai dua jam melukis, pemandangan tebing batu dan laut Pantai Klayar, sudah berpindah di atas kanvasnya.

“Lukisan ini belum selesai, ini baru 60 persen,” kata SBY. Rencananya, lukisan Pantai Klayar tersebut akan disempurnakan lagi, saat acara Pacitan menggambar bersama SBY, Senin sore (19/8/24) nanti di Pantai Pancer Door.

Kehadiran SBY di Pantai Klayar, menjadi kejutan bagi masyarakat dan wisatawan yang datang ke obyek wisata bahari yang berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan tersebut. Beberapa nampak antusias melihat aktivitas SBY melukis. Bahkan beberapa pengunjung ada yang memberanikan diri minta foto selfie dengan Presiden RI yang pernah menjabat dua periode tersebut.

Sebagaimana diketahui, Jenderal TNI (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono, adalah putra kelahiran Pacitan Tanggal 9 September 194. Sebagai putra terbaik Pacitan, Presiden RI Ke-6 ini menjabat dua periode, yakni Tanggal 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2014.

Hadir bersama rombongan SBY, mantan menteri kabinet Indonesia bersatu Andi Malarangeng, anggota DPR-RI Sartono Hutomo,  Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Kapolres Pacitan serta kawan-kawan SMA SBY.

“Kita tunggu nanti 100 persennya seperti apa atau bareng-bareng kita akan saksikan nanti saat acara menggambar bareng di Pantai Pancer Door bersama Bapak SBY,” kata Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).(Bambang Pur)