Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (kedua dari kiri) bersama Kapolres dan jajaran Forkompimda melakukan pengecekan perlengkapan yang dipakai untuk mendukung Operasi Mantap Praja Semeru 2024.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Senin (19/8/24) mengikuti upacara gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024. Operasi kepolisian ini, digelar dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara gelar pasukan, diikuti oleh jajaran Polres Pacitan bersama para pihak terkait, yakni komponen dari TNI, Satpol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).Ikut hadir, jajaran Forkopimda, penyelenggara Pemilu baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta para Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pacitan.

Operasi Gelar Pasukan dengan sandi Operasi Mantap Praja Semeru 2024 ini, dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan seluruh komponen pengamanan, dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pacitan.

Operasi Mantap Praja Semeru, ini digelar untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada serentak, Yakni dengan melibatkan sebanyak 2.548 personel keamanan, terdiri dari 450 personel Polri, 90 dari TNI dan 1.001 dari Linmas.

Usai upacara operasi gelar pasukan, dilaksanakan penandatanganan deklarasi Pemilu Damai oleh seluruh Ketua Partai Politik bersama jajaran Forkopimda.(Bambang Pur)