Kepala Cabang BMW Astra Semarang Ahmad Rifai didampingi Kepala Bengkel BMW Astra Semarang Sutriyadi, saat peluncuran BMW 520i M Sport dan BMW i5 eDrive40 M Sport, Senin 19 Agustus 2024. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Generasi ke 8 BMW seri 5 meluncur di Kota Semarang, menjelma dalam wujud varian mesin berbahan bakar bensin dan mobil listrik penuh.

BMW Astra ini memunculkan tipe All-New 5 dan First-Ever BMW i5 di Jawa Tengah & DI Yogyakarta. BMW 520i M Sport dan BMW i5 eDrive40 M Sport merupakan adalah BMW Seri 5 disebut tampil lebih dinamis dan hadir dengan teknologi terbaru.

“BMW Seri 5 sudah jadi salah satu satu model favorit pelanggan di Jawa Tengah & DI Yogyakarta. Model ini tawarkan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dari sebelumnya, desain sporty, minimalis, dan untuk pertama kalinya, mesin penggerak full-listrik,” kata Kepala Cabang BMW Astra Semarang Ahmad Rifai yang didampingi Kepala Bengkel BMW Astra Semarang Sutriyadi, Senin 19 Agustus 2024.

Ahmad Rifai mengatakan, Jawa Tengah – DI Yogyakarta merupakan daerah dengan persebaran pelanggan yang penting bagi BMW Astra.

“Kami terus meningkatkan kualitas layanan mulai dari pembelian mobil baru, layanan purna jual, hingga penjualan kembali atau trade-in untuk semakin memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di Jawa Tengah & DIY,” kata dia.

Spesifikasi

BMW 520i M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo Technology: Turbocharger, serta teknologi 48-volt mild hybrid dan hasilkan output maksimal hingga 190 hp dan torsi maksimum 310 Nm.

Pada desain interior, mobil ini dilengkapi kabin luas dan modern dengan material berkualitas tinggi dan layanan digital canggih.

Kemudian untuk BMW i5 eDrive40 M Sport dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif.

Motor listrik BMW i5 eDrive40 menggerakkan roda belakang dan menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control. Dilengkapi baterai sebesar 81,2kWh, mobil ini memiliki jangkauan 582 kilometer (WLTP).

Aplikasi My BMW yang digunakan untuk beberapa kontrol digital seperti memantau lokasi kendaraan, menyalakan atau mematikan AC, dan beberapa lainnya. (Foto: Diaz Abidin)

Performa, Jarak Tempuh, dan Pengisian Daya.

BMW 520i M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo Technology: Turbocharger, serta teknologi 48-volt mild hybrid dan hasilkan output maksimal hingga 190 hp dan torsi maksimum 310 Nm. Dari sisi transmisi, ada 8 percepatan Steptronic, BMW 520i M Sport dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 8,1 detik.

Motor listrik BMW i5 eDrive40 menggerakkan roda belakang dan menghasilkan output maksimum 340 hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control. BMW i5 eDrive40 berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,0 detik.

Baterai tegangan tinggi yang hemat ruang terletak di bagian bawah bodi mobil dan menyediakan energi sebesar 81,2 kWh yang dapat digunakan. Selain motor listrik yang efisien, versi terbaru dari pemulihan adaptif dan kombinasi cerdas teknologi pompa panas untuk memanaskan dan mendinginkan interior, penggerak, dan baterai bertegangan tinggi berkontribusi pada jarak jauh.

Dengan nilai WLTP sejauh hingga 582 kilometer, BMW i5 eDrive40 sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Dengan fungsi MAX RANGE yang baru, jangkauan dapat ditingkatkan hingga 25 persen jika diperlukan dengan membatasi daya dan kecepatan serta menonaktifkan fungsi kenyamanan.

Solusi eCharging inovatif dari BMW Charging: Unit Pengisian Gabungan (CCU) BMW i5 memungkinkan pengisian daya AC dengan output hingga 22 kW sebagai standar. Baterai bertegangan tinggi tersebut dapat diisi dengan arus searah dengan daya hingga 205 kW. Dengan kata lain, pengisian baterai pada BMW i5 dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit.

Teknologi berkendara dan parkir.

BMW Seri 5 terbaru dilengkapi sistem otomatisasi berkendara dan parkir, termasuk Active Cruise Control dengan Stop&Go, Steering and Lane Control Assistant, dan Parking Assistant Professional dengan Reversing Assist.

Pengoperasian intuitif dan pengalaman digital baru: BMW iDrive dengan “QuickSelect” dan BMW Operation System 8.5.

BMW iDrive dengan “QuickSelect” dan BMW Operating System 8.5 menawarkan akses fungsi langsung dan layanan digital canggih. Sistem ini terintegrasi dengan BMW Curved Display dan BMW Intelligent Personal Assistant.

Seri 5 terbaru juga mendukung in-car gaming dengan platform AirConsole, serta konektivitas optimal dengan empat antena 5G, BMW Digital Key, dan BMW SIM Reader. Integrasi smartphone dengan Apple CarPlay® dan Android Auto™ tersedia.

Melalui aplikasi My BMW, pemilik kendaraan bisa mengontrol mobil secara digital bahkan saat sedang di luar negeri. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengontrol AC, nyala lampu, kunci pintu, posisi kendaraan, dan lainnya.

Harga

Harga BMW 520i M Sport ditawarkan Rp1.392.000.000 on the road (OTR) Semarang dan hadir dengan BMW Service Inclusive 5 tahun, garansi 5 tahun.

Untuk BMW i5 eDrive40 M Sport ditawarkan dengan harga Rp 2.330.500.000 on the road (OTR) Semarang. Tipe ini hadir dengan BMW Service Inclusive 6 tahun, garansi 5 tahun, garansi baterai kendaraan selama 8 tahun atau 160.000 km.

 

Diaz Abidin