Sejumlah atlet wartawan Jateng berfoto bersama, usai acara pelepasan yang dilakukan di Kantor PWI Jateng, Jalan Tri Lomba Juang, Semarang, Jumat (16/8/2024). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana berharap, kontingen dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, mampu bersaing dan memperbaiki prestasi di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 19-26 Agustus 2024.

Nana menyampaikan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Agung Hariyadi, dalam acara pelepasan kontingen PWI Jateng ke Porwanas, di Gedung Pers Jateng, Semarang, Jumat (16/8/2024).

”Kami apresiasi pencapaian Jateng di Porwanas 2022 di Malang, yang meraih satu emas, satu perunggu. Semoga di Banjarmasin mampu memperbaiki prestasinya. Tidak hanya itu, dengan adanya kompetisi ini, bisa memperkuat kemitraan dan silaturahmi antarsesama wartawan,” kata Pj gubernur.

BACA JUGA: KPU Minta Partai Pengusung Siapkan Peryaratan dan Patuhi Regulasi

Hadir dalam pelepasan itu, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana bersama jajaran pengurus harian, Kabid Keolahragaan Disporapar Jateng Suci Baskorowati, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto.

Lalu ada juga Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, Kasi Media Online Pendam Kodam IV/Diponegoro Mayor (K) CAJ Hartati, Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setyono, dan Kepala Stasiun RRI Semarang Ngatno, yang juga masuk sebagai anggota tim tenis lapangan.

Selanjutnya ada Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS bersama jajaran pengurus harian, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Jateng Sri Mulyadi, Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian dan jajarannya, serta atlet, pelatih dan para manajer tim.

BACA JUGA: Pelatihan Tuberkulosis di RS PKU Aisyiyah Jepara, Perkuat Penanganan Kasus

Suasana santai terasa dalam acara pelepasan kontingen Porwanas kali ini. Misalnya, Agung Hariyadi yang melepas kontingen melempar joke, saat menyaksikan anggota kontingen yang sebagian diisi wartawan senior.

”Saya setuju apa yang disampaikan Pak Kabid Humas (Kombes Pol Artanto) ternyata sebagian anggota Porwanas itu “sweet”, artinya swidakan (enam puluhan),” ujar Agung yang disambut tawa peserta pelepasan atlet.

Acara pelepasan atlet ini ditandai dengan memakaikan jaket kontingen oleh Agung Hariyadi kepada perwakilan atlet, Sigit Budi Riyanto, dari cabang bulutangkis.

BACA JUGA: Tidak Jadi Melawan Bumbung Kosong, Paslon Tangguh Maju

Dalam kesempatan yang sama, Ketum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana berharap, Jateng bisa mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas di Banjarmasin. ”Semoga tim Porwanas Jateng sukses berlaga di Banjarmasin, dan bisa mengharumkan nama provinsi ini, dengan tradisi emas,” harap dia.

Sedangkan Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov dan KONI Jateng, serta mitra kerja yang ikut membantu persiapan hingga pemberangkatan kontingen Jateng ke Kalsel.

”Dua tahun lalu di Porwanas Malang, kita bisa meraih satu emas. Waktu kita laporkan ke gubernur saat itu, Pak Ganjar, beliau sangat senang dan menyebut sebuah prestasi besar. Dan kali ini pun, dukungan Pak Nana selaku Pj gubernur pun sangat besar, dan harapannya bisa membawa pulang medali emas lagi,” sebut Amir.

BACA JUGA: Kirab Akbar Pertama Ultah SMP Negeri 1 Welahan, Setelah Menanti 43 Tahun

Sementara itu, Erwin Ardian melaporkan, kontingen Jateng berkekuatan 52 orang, dan akan turun di sembilan cabang olahraga dari 12 cabor yang dipertandingkan. Kesembilan cabang itu meliputi, bulutangkis, biliar, bridge, domino, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, futsal, dan karya jurnalistik.

”Kami ingin mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas. Meskipun tongkrongan kami seperti ini, semangat kami adalah semangat atlet Olimpiade di Paris,” tandas Erwin yang disambut aplaus.

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov, KONI, dan dukungan dari mitra kerja, seperti Sukun Mc Wartono, Bank Jateng, Djarum Foundation, Semen Gresik dan pihak yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Kontingen dengan 47 atlet dan lima ofisial ini, akan bertolak ke Kota Seribu Sungai, pada Senin (19/8/2024). Cabang pertandingan Porwanas XIV yang akan dihelat di tiga tempat, yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Riyan