Peserta Karnaval Budaya sebagai rangkaian memperigati HUT Kemerdekana RI Tahun 2023 melewati jalan protokol kota Kebumen.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen akan  menggelar karnaval  memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 pada hari Minggu (18/8).

Bahkan Pemkab juga telah menyiapkan sederet kegiatan. Termasuk, yang paling ditunggu warga, karnaval pembangunan dengan tema “Lanjutkan Bersatu untuk Kebumen Maju”, dijadwalkan berlangsung pada Minggu 18 Agustus 2024 mulai  pukul 13.00 WIB.

Sebelum karnaval, rangkaian kegiatan HUT ke- 79 RI dimulai pada pada Jumat 16 Agustus 2024, dengan mendengarkan siaran langsung pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian RUU APBN 2025, dan Nota Keuangannya di gedung DPRD Kebumen secara daring.

“Pada Jumat malam kita melaksanakan pengukuhan dan penyerahan SK Paskibraka Tahun 2024 di Pendopo Kabumian, dilanjutkan pada Sabtu dini hari 17 Agustus kita melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di TMP,”ujar Bupati Arif Sugiyanto, Sabtu (10/8).

Baru pada Sabtu pagi 17 Agustus dimulai pukul 07.00 dilaksanakan ziarah ke makam pahlawan Bumi Wira Bhakti, lalu mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Pendopo Kabumian, dilanjut pemberian remisi  untuk para tahanan di Rutan Kebumen.

“Kemudian siangnya di Pendopo kita juga akan mengadakan pentas seni anak-anak, lalu dilanjutkan mengikuti upacara penurunan bendera merah putih di halaman Pendopo Kabumian  pada sore harinya. Malamnya ada resepsi dan ramah tamah Bupati dengan  Paskibraka, nanti ada pemberian tali asih, dan piagam penghargaan,”terang Bupati.

Pada hari Minggu 18 Agustus, dilaksanakan Karnaval Pembangunan, dimulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Titik kumpul di Stadion Candradimuka menuju Jalan Kusuma, lalu ke Jalan Soekarno-Hatta sampai Alun-alun Pancasila Kebumen dan berakhir di Jalan Mayjen Soetoyo atau mengitari koridor jalan Satu Arah.

Peserta karnaval terdiri dari OPD, instansi milik pemerintah, instansi vertikal, rumah sakit, swasta, BUMN, BUMD, sekolah, perguruan tinggi, perhotelan, perusahaan swasta, ormas,  dan organisasi keagamaan.

“Untuk Parpol dan partisannya tidak diperkenankan mengikuti Karnaval tahun ini,”tandas Bupati.

Karnaval Pembangunan bernuansa budaya bakal menampilkan beragam seni dan karya arsistik seperti parade Tari Lawet, Ceperan, hias dan kuda kepang, kendaran hias, drum band, atraksi bela diri, pemakaian baju adat, pengiringan benda pusaka, dan panji-panji kecamatan.

“Pendaftaran karnaval dimulai 5 Agustus sampai 15 Agustus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.Silakan masyarakat yang mau ikut bisa mendaftar,”tuturnya.

Usai Karnaval, keesokan hari  Pemkab Kebumen  mulai melaksanakan Peringatan Hari Jadi Kebumen yang- ke 395 dengan lebih dulu melaksanakan ziarah kubur ke para pendiri Kebumen . Ziarah antar lain ke Makam Bodronolo, Kolopaking, dan Arumbinang pada Senin (19/8).

“Kita juga akan melaksanakan doa bersama dengan pembacaan Yasin Tahlil di Pendopo Kabumian bersama para alim ulama pada Selasa Malam. Rabu pagi 21 Agustus kita mengadakan upacara Hari Jadi Kebumen di Alun-alun Pancasila Kebumen,” jelas Arif Sugiyanto.

Komper Wardopo