Siap menerbangkan layang-layang naga raksasa, mebutuhkan orang banyak untuk menahan. Foto: Tangkapan layar Youtube

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Pantai Ketawang di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah selama dua hari tepatnya Hari Sabtu dan Minggu (10-11/08/2024), sangat luar biasa ramai.

Ya, pantai indah di Laut Selatan itu memang biasa didatangi wisatawan. Tetapi kali ini, mereka tidak hanya sekadar menikmati pasir Pantai, memandangi ombak yang berdeburan. Mereka menyaksikan Festival Layang-layang yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Purworejo.

Festival Layang-layang ini sudah digelar di sini sejak tahun 2015. Kali ini diikuti 55 klub layang-layang. Tercatat 42 klub dari Jawa Barat, Jateng, Jatim. Kemudian lima klub dari kota dan kabupaten di DIY, dan tiga klub lokal dari Purworejo.

Dan, jangan kaget pula bahwa Festival laying-layang ini juga diikuti peserta dari luar negeri, dan ada enam peserta masing-masing dari Malaysia, Singapura, Jepang, Polandia, Belgia, dan Prancis.

Kategori

Ada empat kategori yang diadu, yakni, Layang-layang Tradisional, Layang-layang 2 Dimensi, Layang-layang 3 Dimensi, dan Kategori Train Naga.