Kepala naga berwajah garang, siap melayang membelah angkasa. Foto: Tangkapan layar Youtube

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena capaian penyelenggaraan festival layang-layang mampu menyedot banyak peserta dari mancanegara dan luar Pulau Jawa.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya.

Kepada warga masyarakat Desa Ketawang dan masyarakat Kecamatan Grabag dia menyatakan terima kasih dan kebanggaannya, karena telah turut mendukung suksesnya even wisata sekaligus seni, olahraga, dan hiburan ini.

Festival Layang-Layang ini, ujarnya, juga menjadi kesempatan bagi untuk mempererat tali silaturahmi diantara penggemar layang-layang, serta untuk mempromosikan Purworejo sebagai daerah yang kaya akan budaya dan tradisi. “Festival ini bukan hanya sebuah perlombaan, tetapi juga merupakan bentuk perayaan dan pelestarian tradisi yang telah lama ada di budaya kita,” ujar Yuli.

Hadir juga dalam festival ini, Forkominda Kabupaten Purworejo, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jateng. Juga hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kulon Progo Yogyakarta, Direktur Angkasa Pura Bandara YIA dan Direktur Badan Otorita Borobudur atau BOB.

“Saya berharap kedepan event ini dapat menjadi event unggulan di Kabupaten Purworejo sehingga bisa membawa nama Kabupaten Purworejo ke skala Nasional maupun Internasional,” itu Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, Stefanus Aan

Pihaknya mengaku senang karena pada setiap even layang-layang animo masyarakat untuk menyaksikan sangat tinggi.

R. Widiyartono