blank
Tim PkM dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota USM, berfoto bersama pengurus Desa Sembojo dan Posong, di sela pelatihan penyusunan profil desa. Foto: dok/usm

BATANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan penyusunan profil Desa Sembojo dan Desa Posong, di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Imam Rofi’i ST MT, anggota Agnesia Putri K ST MT, Agus Sarwo Edi S ST MT. Dalam kegiatan ini juga diikuti perwakilan warga dari Desa Sembojo dan Posong serta sejumlah mahasiswa.

Dalam keterangannya Imam mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dalam menyusun profil desa, sesuai dengan pedoman Permendes No 12 tahun 2017, tentang Penyusunan dan Pemberdayaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

BACA JUGA: FH USM-Peradi Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat

”Kami memberikan pemahaman dalam teknik pengumpulan data, dan penyusunan data profil desa,” kata dia sembari berharap, melalui kegiatan ini Desa Sembojo dan Desa Posong dapat menggunakan data profil desa untuk pengambilan keputusan dalam perencanaan maupun pembangunan desa.

Beberapa topik utama yang diangkat dalam kegiatan ini antara lain, bedah Permendesa 12 tahun 2017, teknik survei primer dan sekunder, pelatihan dan pendampingan pengolahan data sampai dengan penyusunan buku profil desa.

”Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, dengan memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Respons dari peserta pun sangat positif. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada narasumber,” ujarnya.

Riyan