Pemasangan slempang duta literasi oleh kepala SMPN 1 Welahan Rofi’i, S.Pd., M.Pd.

JEPARA(SUARABARU.ID)-
Literasi merupakan salah satu pilar utama dalam pendidikan yang tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan memahami informasi secara mendalam.

Dalam upaya meningkatkan literasi di kalangan siswa, pengukuhan duta literasi dalam lingkungan sekolah menjadi sangat penting.

Pengukuhan duta literasi sekolah merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca, kemampuan literasi, dan kemampuan berpikir kritis di kalangan siswa. Duta literasi merupakan siswa yang dipilih untuk menjadi teladan dan penggerak dalam kegiatan literasi di sekolah.

Pengukuhan ini biasanya diadakan melalui serangkaian acara yang melibatkan berbagai pihak, termasuk guru dan siswa.

Kepala SMPN 1 Welahan Rofi’i, S.Pd., M.Pd. beserta keempat duta literasi

Kepala SMPN 1 Welahan Rofi’i, S.Pd, M.Pd memasangankan selempang kepada keempat siswa yang terpilih dan dikukuhkan menjadi duta literasi sekolah pada Senin, 5 Agustus 2024. Kegiatan pengukuhan duta literasi sekolah dilaksanakan setelah upacara bendera yang sekaligus disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

Keempat duta literasi tersebut, terdiri dari dua siswa perempuan dan dua siswa laki-laki. Duta literasi mempunyai tugas dan peran untuk menjadi teladan bagi teman-temannya dalam menggerakkan dunia literasi di lingkungan sekolah.

Dengan pendekatan teman sebaya, diharapkan upaya ini menjadi lebih efektif dalam meningkatkan kecintaan siswa terhadap dunia literasi.

Pengukuhan duta literasi sekolah merupakan langkah penting dalam membangun budaya literasi di kalangan siswa. Dengan adanya duta literasi, diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa, tetapi juga membentuk karakter positif dan membangun komunitas literasi yang kuat. Sehingga siswa dapat menjadi generasi yang cerdas, kritis, dan berbudaya literasi tinggi, yang siap menghadapi tantangan global di masa depan.

Dukungan dari semua pihak, baik guru, orang tua, maupun masyarakat, sangat diperlukan untuk kesuksesan program ini.

Hadepe- Amaliya-
Isnaini Rofiqotusy Syarifah