Chairul Anwar

JEPARA (SUARABARU.ID)- Percaturan politik lokal di Kabupaten Jepara jelang pilkada 2024 semakin menarik untuk disimak. Karena sampai dengan hari ini belum ada satupun bakal calon bupati (bacabup) yang sudah mendapatkan tiket untuk maju.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salah satu partai yang sudah menyatakan dukungannya ke salah satu bacabup, Witarso Utomo, juga masih menunggu keputusan final dari DPP. Kepada suarabaru.id Sabtu (3/8/2024) Ketua Bapilu PKS, Chairul Anwar sampaikan sikap resmi PKS dalam perhelatan pilkada Jepara.

“Insyaa Allah PKS akan mengusung Mas Wiwit, namun kami perlu pentahapan atau proses internal untuk mendapatkan rekom. Keputusan final tetap ada di DPP, namun kami yakin DPP juga akan sangat mempertimbangkan masukan dari kami sebagai bagian dari stakeholder  Jepara”, ujar Chairul.

Disinggung soal kabar koalisi tujuh partai, di mana PKS menjadi salah satu anggotanya, Choirul mengatakan bahwa koalisi tujuh partai masih sangat solid.

“Komunikasi tetap berjalan, dan mengarahkan dukungannya ke sosok Mas Wiwit yang sudah menunjukkan keseriusannya dalam memimpin Jepara 5 tahun ke depan”, terang anggota legslatif terpilih ini.

Dalam hal ini, PKS juga tidak mempersoalkan jika memang di pilkada Jepara nanti akan terjadi calon tunggal. “Kalau melihat update sampai dengan saat ini kemungkinan besar calon tunggal”, lanjut Chairul.

“Calon tunggal bukanlah sesuatu yang tabu bilamana situasi menghendaki demikian. Jadi kita tidak perlu kaku dalam berdemokrasi. yang penting bagamana kita bisa menyeleksi bacabup tersebut, baik di internal partai maupun masyarakat luas”, pungkasnya.

ua