Kepala SMK Negeri 1 Wonogiri, Gunarsi (kiri) foto bersama dengan Bupati Joko Sutopo (kedua dari kanan) dan peraih gelar juara II serta juara III lomba defile Tujuhbelasan.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bukan hal mudah untuk memenangi juara pertama lomba defile, apalagi gelar juara pertama itu diraih selama tujuh kali berturut-turut. Tapi Kompi Pasukan Pelajar dari SMK Negeri 1 Wonogiri, mampu membuktikan kedigdayaannya pada setiap mengikuti event lomba defile Tujuhbelasan tingkat Kabupaten Wonogiri.

”Sudah tujuh kali berturut-turut, terakhir diraih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 lalu. Mohon doanya, agar pada upacara Tanggal 17 Agustus Tahun 2024 nanti meraih juara pertama lagi,” kata Kepala SMK Negeri 1 Wonogiri, Gunarsi.

Defile adalah perarakan barisan atau parade. Di Kabupaten Wonogiri, lomba defile selalu diadakan bersamaan dengan berakhirnya gelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus. Dilombakan secara tahunan di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri. Pesertanya, adalah semua kompi peserta upacara.

Panitia menyediakan tropi tetap dan piala bergilir. Juga uang pembinaan masing-masing Rp 5 juta, Rp 3 juta dan Rp 2 juta untuk peraih juara I, II dan III. Tahun 2023 lalu, juara I, II dan III diraih oleh Kompi SMK Negeri 1 Wonogiri, Kompi SMK Negeri 2 Wonogiri dan Kompi SMA Negeri 2 Wonogiri.

Lomba defile sempat ditiadakan 2 tahun, yakni Tahun 2020 dan 2021, bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19, dan gelar upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditiadakan. ”Lomba defile untuk HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024, akan dllaksanakan Hari Sabtu Tanggal 17 Agustus 2024 mendatang,” jelas Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri, Mursid Suroto.
Panggung VIP

Peserta lomba defile adalah kompi-kompi pasukan yang menjadi peserta upacara. Tahun 2023, pesertanya terdiri atas Batalyon 1 yang terdiri dari 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI-AD dari Kodim 0728/Wonogiri, 1 SSK Polres Wonogiri, dan 1 SSK Aparat Sipil Negara (ASN) Pemkab Wonogiri.

Batalyon 2, terdiri dari 1 SSK Linmas dan Kokam, 1 SSK Banser, 1 SSK dari MTA dan Senkom, 1 SSK dari Mahasiswa STAINMAS, Akademi Perawat Giri Satria Husada dan Mahasiswa dari STABN.

Batalyon 3 terdiri dari 1 SSK guru yang tergabung dalam PGRI Wonogiri, para karyawan PDAM Wonogiri, BPN Wonogiri, BPR-BKK Giri Suka Dana Wonogiri, BPR-BKK Wonogiri, Bank Jateng, BPR-BKK Jateng. Berikut 1 SSK siswa dari SMK Pancasila.

Batalyon 4 terdiri dari 1 SSK siswa dari SMAN 1 Wonogiri, 1 SSK SMAN 2 Wonogiri, 1 SSK SMAN 3 Wonogiri. Batalyon 5 terdiri dari 1 SSK SMKN 1 Wonogiri, 1 SSK SMKN 2 Wonogiri dan 1 SSK SMK Bhakti Mulia. Batalyon 6 terdiri dari 1 SSK MAN Wonogiri, 1 SSK SMA IT Al Huda.

Usai melaksanakan upacara, seluruh kompi-kompi peserta mengikuti lomba defile. Yakni berbaris untuk meninggalkan stadion, dengan terlebih dahulu melakukan penghormatan dalam bentuk parade. Penghormatan dilakukan semua kompi, saat melintasi depan panggung VIP.(Bambang Pur)