Kanal Budiarto saat menyampailan meteri workshop di SMAN 1 Pecangaan Kamis, 1 Juni 2024. Fota: Dok Panitia

JEPARA (SUARABARU.ID)- SMA Negeri 1 Pecangaan, Jepara, menjadi tuan rumah Workshop Fotografi yang diselenggarakan oleh komunitas Instanusantara bekerja  sama dengan FujishopID, Kamis 1/8-2024.

Instanusantara Indonesia adalah komunitas fotografi terbesar di Indonesia berbasis Instagram yang  berdiri pada Maret 2012. Salah satu visinya mengangkat dan juga  mempersatukan seluruh adat, budaya, suku, dan ras melalui fotografi.

Kanal Budiarto bersama Achmad Sholahudin Irianto, S.Kom, pembina SMAN Negeri 1 Pecangaan, dan peserta pelatihan. Foto: Dok Panitia

Acara ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan serentak di 28 sekolah di 14 regional di Indonesia. Di SMAN 1 Pecangaan,  menghadirkan Kanal Budiarto seorang  fotografer profesional sebagai pemateri. Kanal, yang juga dikenal sebagai karyawan RSUD RA Kartini Jepara  adalah salah satu anggota komunitas ini.

Tujuan dari workshop ini adalah untuk menginspirasi para pelajar di Jepara agar dapat mengembangkan hobi fotografi mereka menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Kanal Budiarto danAchmad Sholahudin Irianto, S.Kom, pembina SMAN Negeri 1 Pecangaan,. Foto: Dok Panitia

Kanal Budiarto dalam materinya menekankan pentingnya memahami dasar-dasar fotografi dan pemanfaatan peralatan kamera secara efektif untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Selain itu, workshop ini juga bertujuan membuka wawasan para siswa mengenai potensi karir di bidang fotografi dan mengembangkan keterampilan kreatif mereka.

Sementara Achmad Sholahudin Irianto, S.Kom,  pembina SMAN Negeri 1 Pecangaan, memberikan sambutan hangat pada pembukaan acara. Ia  menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi para siswa, karena dapat membantu mereka menemukan dan mengembangkan minat serta bakat dalam bidang fotografi. “Kami berharap agar kerjasama ini dapat berlanjut di masa mendatang untuk terus mendukung pengembangan potensi siswa,”  ujarnya

Workshop Fotografi Instanusantara Go To School di SMA Negeri 1 Pecangaan menghadirkan narasumber Kanal Budiarto, salah satu fotofrafer profesiaonal Kabupaten Jepara. Foto: Dok Panitia

FujishopID, sebagai salah satu sponsor workshop, memberikan dukungan penuh dalam acara ini. Mereka juga mengadakan “Photo Challenge” yang akan berlangsung dari 10 Agustus hingga 10 September 2024. Dalam kegiatan ini diberikan  hadiah utama berupa kamera Fujifilm Instax Mini 99, Fujifilm Instax Mini Link, dan Fujifilm Instax Mini 12.

Ajang ini diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk mempraktikkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dan menunjukkan kreativitas mereka dalam dunia fotografi.

Hadepe – Kanal Budi