Mbak Tun meladeni pembeli hari ini, Jumat (2/8). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Bila ingin memanjakan lidah dengan menu masakan khas, datang saja ke warung makan Mbak Tun, di Pancar, Desa Ngampeldento, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Di warung itu ada berbagai menu dan yang paling khas adalah Mangut Welut.

Warung milik Solikatun (55) itu sudah beroperasi sejak sekitar 30 tahun lalu. Menempati sejumlah kios di Pasar Desa Ngampeldento. Masakan di warung tersebut dimasak secara tradisional menggunakan tungku kayu.

Untuk menuju ke sana, sesampai di traffic light Salaman menuju arah barat. Melalui jalan beraspal mulus, dengan pemandangan elok. Di kiri kanan jalan merupakan sawah dan kebun pembibitan aneka tanaman. Selain itu di kejauhan terlihat perbukitan hijau.

Di warung milik Mbak Tun itu yang lebih khas lagi, dikelola oleh lima bersaudara. Sejak yang memasak sampai pada penyajian hidangannya dilakukan oleh lima bersaudara. Yakni Solikatun beserta adik kandungnya yang terdiri Zulaikah, Romlah, Sunarti dan Naimah.

Mereka memberikan pelayanan yang ramah dan njawani. Menyapa pembeli dengan bahasa Jawa yang supel.

Adapun menu masakannya antara lain ada Kluban Jewor dengan sambal kelapa, Mangut Welut (belut), Belut Goreng, Iwak Kali (ikan yang biasa hidup di sungai), Mangut Ayam, Sayur Kacang, Mangut Lele.

Pembeli bisa duduk di meja kursi yang ada di ruang depan, atau lesehan di belakang warung. Soal harga, di warung itu cukup bersahabat. Artinya tidak dengan tarif yang mahal.

Untuk membuktikannya, silahkan dicoba saja. Warung tersebut buka setiap hari, sejak pagi hingga sore.

Eko Priyono