Didampingi jajaran Forkompimda, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno (baju putih membungkuk) melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0728 Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2024 Kodim 0728/Wonogiri, Rabu (24/7/24), dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong. Upacara pembukaan digelar di Lapangan Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno, tampil menjadi inspektur upacara dan membacakan sambutan tertulis Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Ditandaskan, hari ini kita melihat wujud nyata kemanunggalan antara perangkat pemerintahan, unsur TNI-Polri beserta segenap elemen masyarakat, dalam ikut memberikan solusi terhadap persoalan yang ada dalam masyarakat. Melalui TMMD Sengkuyung III, diharapkan dapat ikut memberikan andil dalam membangun kemajuan desa secara komprehensif dan efektif.

TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2024 Kabupaten Wonogiri, dilaksanakan di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro ini, menjadi bagian dari rangkaian kegiatan TMMD selama setahun. TMMD Sengkuyung Tahun 2024 akan dilaksanakan dalam empat tahap, dengan harapan makin memberi daya perubahan yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat.

Nonpisik

Sasaran pisik berupa pembangunan rabat jalan sepanjang seribu meter, yang menghubungkan wilayah Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro dengan Desa Basuhan Kecamatan Eromoko. Dengan dibangunnya prasarana infrastruktur jalan penghubung tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mempermudah akses transportasi antara kedua wilayah kecamatan.

Juga bermanfaat memudahkan aktivitas masyarakat, dalam melakukan kegiatan sosial, maupun di bidang perekonomian, pertanian, pendidikan, dan lain sebagainya. Sasaran nonpisik meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bela negara, cinta Tanah Air, membangun rasa kebersamaan dan gotong royong.

Juga diberikan sosialisasi edukasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan penyakit masyarakat (Pekat), serta sadar aturan lalu lintas dan lain-lain.

TMMD di Kabupaten Wonogiri, menjadi program yang selaras dengan semangat kebersamaan “Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri,” menjadi kekuatan dalam ikut serta mewujudkan masyarakat Kabupaten Wonogiri yang Maju, Mandiri, Sejahtera.(Bambang Pur)