Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz. Foto: wikipedia

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hamzah Haz, Wakil Presiden RI ke-9, meninggal dunia. Hamzah Haz meninggal pada usia 84 tahun, pada hari ini Rabu (24/7/2024) sekitar pukul 9:30 WIB.

Hamzah Haz dikenal sebagai tokoh aktivis dan politik yang cukup berpengaruh, selain aktif sebagai aktivis dan politik dirinya juga cukup concern dalam bidang ekonomi. Salah satu pernyataan yang paling diingat adalah soal Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia yang melimpah, tapi kemiskinan ada dimana-mana.

“Republik Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya, tapi juga mengalami dua kemiskinan, yaitu kemiskinan harta dan moral,” kata Hamzah haz medio Agustus 2015 lalu.

Baca Juga: Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Pengamanan Kunjungan Wakil Presiden RI di Semarang

Menurutnya kondisi ini terjadi karena bangsa Indonesia sudah melunturkan pemahaman Pancasila. Tak heran, kata dia banyak kasus korupsi hingga terorisme di Tanah Air.

Terlebih kata Hamzah Haz dalam Pancasila terkandung pula nilai hubungan yang bersifat baik vertikal maupun horizontal. Hal tersebut dinilai juga selaras dengan konsep dalam Islam yaitu “hablum minallah” (hubungan dengan Allah) dan “hablum minannas” (hubungan dengan manusia).

Tapi sayangnya kata dia nilai-nilai itu sudah luntur, tak heran meski SDA RI melimpah tapi kemiskinan ada dimana-mana.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada tahun 1999 itu juga mengingatkan bahwa Indonesia bukan negara agama tetapi bangsa yang beragama. Untuk itu, ujar dia, apa pun yang dilakukan di dunia ini sebagai orang yang beragama juga harus ingat kepada Tuhan sebagai Dzat yang telah menciptakan semua manusia.

Baca Juga: 1.600 Mahasiswa UKSW Belajar Ilmu Survival Leadership Wakil Presiden Direktur BCA

Dilansir dari Suara.com, Wakil Presiden RI Ke-9, Hamzah Haz meninggal dunia, pada hari ini Rabu (24/7/2024). Hamzah mengembuskan nafas terakhirnya diusia 84 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi saat dikonfirmasi langsung Suara.com.

“Innalillahi wa inna ilaihi Rojiun, Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz,” kata Arwani kepada Suara.com, pada Rabu (24/7/2024).

Menurutnya, Hamzah mengembuskan nafas terkahirnya pada pukul 09.30 WIB tadi. Almarhum pun disebutnya akan dimakamkan di Kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Pagi ini jam 09.30 WIB di kediaman Tegalan. Jenazah akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua Bogor siang nanti setelah solat duhur,” pungkasnya.

Claudia