UKSW MoU dengan The American Institute for Indonesian Studies. Foto: UKSW

Megan Hewitt, dalam sambutannya menyatakan bahwa UKSW adalah universitas yang luar biasa. “Sebagai yayasan yang ingin menghubungkan lebih banyak penelitian di Amerika dan Indonesia, kerja sama UKSW dan AIFIS ini menjadi pintu masuk yang penting. Kami berharap dapat memfasilitasi hubungan peneliti di Indonesia dan Amerika melalui berbagai program, termasuk seminar dan konferensi,” ungkapnya.

Menuju visi universitas global

Tidak hanya berhenti pada penandatanganan MoU, dalam kesempatan yang sama juga dilangsungkan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) antara AIFIS dan Fakultas Teologi UKSW. MoA dan IA ini ditandatangani oleh Megan Hewitt dan Dekan Fakultas Teologi Pdt. Izak Lattu, Ph.D. Kerja sama ini telah dimulai sejak tahun lalu, dengan Pdt. Izak menjadi pembicara dalam berbagai seminar yang diselenggarakan oleh AIFIS dan keterlibatan dalam konferensi tahunan AIFIS-Michigan State University Conference on Indonesian Studies.

Pdt. Izak menuturkan, kerja sama ini membuka peluang besar bagi mahasiswa dari berbagai jenjang, mulai dari S1 hingga S3, untuk terlibat dalam kegiatan akademik internasional. “Kami sudah membuat kegiatan bersama, dan tahun depan kami berencana membuat panel untuk mahasiswa Fakultas Teologi. Ke depan, kami akan membawa profesor-profesor AIFIS ke UKSW untuk pengembangan hal akademik,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutan yang penuh visi, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK), Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., menyatakan, kerja sama ini sejalan dengan visi UKSW untuk menjadi universitas global. Selain itu, kerja sama ini juga membuktikan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 yaitu pendidikan berkualitas, SDGs nomor 9 yaitu industri, inovasi dan infrastruktur, dan SDGs nomor 17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan.

“UKSW sedang berupaya menuju universitas global, dan kerja sama yang lebih luas seperti ini sangat penting. Kami terus bekerja sama dengan berbagai pihak secara global agar UKSW semakin dikenal,” ujarnya menekankan aspirasi universitas untuk terus maju di panggung internasional.

Penandatanganan MoU, MoA dan IA ini juga dihadiri oleh Dekan fakultas-fakultas di UKSW dalam rangka audiensi dengan AIFIS.

Ning S