UKSW MoU dengan The American Institute for Indonesian Studies. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Sebuah babak baru dalam kerja sama akademik antara Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dengan The American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) resmi dimulai.

Kerja sama ini diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) UKSW Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA), dan Executive Director AIFIS Megan Hewitt, di rumah Noto, Senin (22/7/2024).

Kesepakatan yang dicapai melambangkan komitmen mendalam dari kedua institusi untuk memperkuat forum akademik dan penelitian. Kerja sama ini akan membuka jalan bagi pengembangan ilmu humaniora dan ilmu sosial di Indonesia melalui berbagai inisiatif, termasuk penelitian, pelatihan, serta publikasi dan diseminasi hasil penelitian.

Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy menuturkan, melalui penandatanganan MoU ini, UKSW dan AIFIS berkomitmen memfasilitasi keterlibatan para akademisi dalam kajian-kajian berkualitas tinggi yang berfokus penelitian sesuai kepakaran para peneliti. Publikasi ini akan diterbitkan oleh universitas dan lembaga penelitian baik di dalam maupun luar negeri.

“Kerja sama ini akan membangun hubungan yang erat antara peneliti Indonesia yang telah menyelesaikan studinya di Amerika dan pakar Amerika yang tengah menimba ilmu di Indonesia dengan berbagai staf pengajar dan peneliti di UKSW,” ungkapnya.

Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi ini sebagai sarana untuk membuka peluang penelitian baru dan membangun jaringan internasional. “UKSW sedang dan terus berupaya menuju universitas berstandar Internasional sehingga kerja sama dengan AIFIS sangat penting. Kami terus bekerja sama dengan berbagai pihak secara global agar UKSW semakin terhubung dengan jejaring internasional,” ujarnya, menekankan aspirasi UKSW.

Dalam kerangka kerja sama ini, UKSW dan AIFIS berencana menyelenggarakan seminar dan lokakarya yang bertujuan untuk pertukaran pengetahuan dari berbagai bidang penelitian. Acara ini akan menjadi platform yang kaya untuk dialog akademik dan kolaborasi interdisipliner, melibatkan staf dan peneliti tamu dengan berbagai tema dan topik.