UKSW dan Czech University of Life Sciences Prague gelar Summer School Training Course. Foto: UKSW

Jembatan persahabatan dan lintas budaya

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., menyambut hangat para peserta dari CZU, pada Senin (22/7/2024). “Selamat datang kepada mahasiswa CZU. Semoga kalian menikmati waktu di UKSW dan dapat belajar banyak dari kami,” sambut Rektor Intiyas.

Diungkapkan, kegiatan Summer School Training Course ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran akademis, tetapi juga membangun jembatan persahabatan dan pemahaman lintas budaya antara mahasiswa UKSW dan CZU, membawa harapan baru untuk kolaborasi yang lebih erat di masa depan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA) berharap pertukaran mahasiswa dan program seperti summer school ini dapat terus meningkat. “Mahasiswa UKSW akan mendapatkan kesempatan untuk belajar satu sama lain, memahami budaya, serta bertukar pengalaman dan pengetahuan, sehingga mendorong kemajuan dan pemahaman yang lebih baik tentang ilmu yang dipelajari serta peradabannya,” imbuhnya.

Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 yaitu pendidikan berkualitas, SDGS 10 yaitu mengurangi kesenjangan, serta SDGs nomor 17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan.

Priska Grace Harefa, mahasiswa Prodi Gizi FKIK asal Sumatera yang menjadi peserta, juga menyambut gembira kegiatan ini. “Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengenal mahasiswa dari luar, juga merupakan momen berharga untuk mengenal budaya dan minat penelitian mereka. Melalui diskusi, kami bisa menambah wawasan dan pemahaman kami,” bebernya yang juga mengungkapkan kegembiraan dan ketertarikannya dalam kegiatan internasional seperti ini.

Para mahasiswa dari Ceko merasa antusias dan terkesan dengan keramahan serta keberagaman budaya Indonesia. Salah satunya yaitu Vojtěch Pošík yang mengungkapkan kesan mendalamnya atas kunjungannya ke UKSW.

“Ini adalah pertama kali saya datang ke UKSW dan Indonesia, orang-orangnya sangat ramah dan sopan. Budaya di sini sangat berbeda dengan beragam suku dan budaya. Saya bertemu teman-teman dari Jawa Tengah dan Sumatera Utara dan mereka menunjukkan kepada kami keberagaman etnis, budaya, dan tradisi di Indonesia,” katanya.

Vojtěch Pošík berharap dari kegiatan di UKSW ini mereka akan mendapatkan gambaran tentang program studi di Indonesia dari berbagai universitas, dan dapat berbagi informasi dengan profesor yang berpengalaman.

Ning S