Kepala Kankemenag, Akhsan Muhyiddin, didampingi Kasi PHU, Siti Zuliyati foto bersama petugas haji kloter 74 dan Jemaah Kabupaten Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan ibadah haji Kabupaten Jepara Alhamdulillah sudah selesai. Jamaah haji Kabupaten Jepara sudah berdatangan kembali ke Tanah Air, dimulai dari kloter 72 hingga kloter 76 pada 13-15 Juli 2024. Banyak kisah yang mereka ceritakan pada orang-orang maupun keluarga yang sudah menunggu kedatangannya. Di antara kisah yang sering diutarakan jamaah adalah tentang fasilitas, pelayanan, dan pengalaman selama berada di Tanah Suci.

Kemenag Jepara mendapatkan banyak testimoni atau kisah dari jamaah haji asal Kabupaten Jepara yang baru saja pulang dari Tanah Suci.

Elfi Nikmatul Mujibah, salah satu jemaah asal Welahan, kloter 72 yang sudah kembali dari Tanah Suci dan tiba di Asrama Haji Donohudan Solo pada Sabtu (13/7/2024), mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan Kementerian Agama kepada para jemaah sangat bagus. “Dimulai dari penerbangan, konsumsi, akomodasi, pelayanan kesehatan, dan juga fasilitas lain yang sudah disediakan pemerintah sangat memuaskan. Bahkan banyak sekali program-program yang tahun lalu belum ada, seperti fast track dan murur, sangat membantu bagi lansia hingga mereka bisa tetap melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan melengkapi rangkaian ibadah haji,” ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan Said, jemaah asal Batealit. Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi segala kebutuhan jemaah. “Makanan tidak pernah telat, semua tersedia dengan cepat. Air melimpah ruah, tidak kekurangan,” katanya.

Prosesi Pemulangan Jemaah Kabupaten Jepara Di Gedung Muzdalifah Donohudan Solo

Bahkan ada jemaah dari kloter 72, Andilala Kurniawan, asal Pecangaan, yang sangat puas dengan pelayanan haji tahun ini. Ia mengatakan bahwa haji reguler rasa VIP. “Pelayanan-pelayanan yang didapat saat berhaji bersama istri sangat luar biasa. Dari sisi konsumsi, tidak pernah telat makan. Pagi makan, siang snack, lanjut lagi makan, semuanya cepat,” ungkapnya dengan semangat.

Terkait dengan fasilitas, Andilala juga mengungkapkan rasa puas atas pelayanan terhadap ratusan ribu orang pada puncak haji. “Begitu wukuf dan melakukan pergeseran ke Muzdalifah dengan lancar, fasilitas mabit juga sangat maksimal. Sebagian jamaah lansia menggunakan fasilitas murur tetap di kendaraan dan sudah disiapkan kerikil untuk lempar jumrah. Bagi jamaah yang mabit sudah disiapkan ambal untuk tidur istirahat,” katanya.

Menurutnya, dari sisi peribadahan juga sangat maksimal. Jamaah dibimbing sehingga bisa melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Nila Hariyati, seorang jemaah asal Jepara, saat bercerita kepada Kemenag Jepara pada Minggu (14/7/2024). “Pelayanan haji tahun ini luar biasa. Memuaskan, ramah lansia.” Ia mengisahkan bahwa pelayanan selama berhaji sangat baik, baik dari petugas haji maupun petugas kesehatan. “Mulai dari bandara sudah disambut sangat baik. Hotelnya, maktabnya juga sudah dipersiapkan dengan baik. Makanannya tiga kali sehari, menu khas Indonesia, Nusantara sesuai selera lidah Indonesia, dan untuk kesehatan terutama lansia dipantau ke kamar,” tuturnya.

Masih banyak testimoni dari jamaah asal Jepara yang mengungkapkan rasa kagum kepada semua pelayanan selama di Tanah Suci. Semua pujian diberikan kepada pemerintah, terutama kepada Menteri Agama, karena terlayani dengan sangat baik. Makanan sampai tersisa banyak di Mina, termasuk saat puncak haji. Fasilitas yang didapat juga maksimal dengan konsumsi, kasur, dan tenda yang sangat baik. Bahkan Ketua KBIHU merasa sangat puas.

“Ibadah haji tahun ini, semua pelayanan secara menyeluruh baik dan kompak kerjasamanya dalam melayani jamaah haji. Dari segi transportasi, konsumsi, kesehatan, dan lainnya sudah dirasakan nyaman dan aman sehingga jamaah terasa puas. Patutlah kita memberi apresiasi yang bagus kepada Kementerian Agama, khususnya kepada Menteri Agama dan Kemenag tingkat Kabupaten Jepara,” tutur H. Jais As’ari, Pembimbing KBIHU Darur Rohman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin, menyampaikan selamat kepada para jamaah haji yang sudah tiba di Tanah Air dan berharap mendapat predikat haji mabrur. “Selamat semoga bisa menjadi berkah dan memelihara kemabrurannya, bertemu dengan keluarga dengan rasa bahagia, sehingga kehadiran jamaah memberikan keberkahan bagi keluarga dan tetap jaga kesehatan,” pungkasnya.

Kedatangan jamaah haji Kabupaten Jepara disambut langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jepara dan Kasi PHU Kankemenag Kabupaten Jepara sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua petugas haji Kabupaten Jepara yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Hadepe – Sindi – Nurul