blank
Ahmad Zaky Fuadi. Foto: dok/kemenag

BOYOLALI (SUARABARU.ID)– Salah satu pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Al-Khoziniyah dari Kabupaten Blora, Ahmad Zaky Fuadi mengatakan, pelayanan haji Kementerian Agama tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

”Selama perjalanan haji di Tanah Air hingga Tanah Suci, pelayanan pemerintah dan para petugasnya, meningkat dibandingkan tahun kemarin,” kata Zaky, yang juga jamaah haji dari kloter SOC-85, dalam keterangannya Rabu (17/7/2024) malam.

Selama perjalanan haji, dia dan para jamaah lain merasa sangat dibantu oleh para petugas haji. Menurutya, petugas haji menunaikan tugas dengan sigap. ”Kami dari KBIH sangat terbantu dengan kehadiran para petugas haji ini. Mereka sangat profesional dan berdedikasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Rembang Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter 81, 83 dan 84

blank
Ma’ruf Islamudin. Foto: dok/kemenag

Zaky mengakui, ada peningkatan pelayanan manajerial dan penanganan lansia. Pelayanan konsumsi, transportasi dan akomodasi, juga sangat memuaskan. ”Selama perjalanan haji, ketersediaan konsumsi sangat cukup, bahkan lebih. Demikian pula pelayanan akomodasi juga luar biasa,” ungkap dia.

Jamaah lansia pun dilayani dengan baik dan penuh kesabaran. ”Skema murur untuk jamaah risti dan berkebutuhan khusus, juga sangat memudahkan pelaksanaan ibadah haji kali ini. Murur membuat pelaksanaan haji menjadi lebih baik,” imbuh Zaky, sembari memberikan apresiasinya kepada Kementerian Agama atas fasilitas layanan itu.

Sementara itu, pembimbing KBIHU Walisongo Sragen, Ma’ruf Islamudin, juga mengakui pelayanan haji tahun ini sangat bagus. Baik fasilitas maupun petugas hajinya.

BACA JUGA: Anggota Komisi VIII DPR RI Puji Pelayanan Embarkasi Solo

Alhamdulillah, perjalanan haji kami semua berjalan lancar. Pelayanan sangat luar biasa. Kondisi hotel bagus, bus shalawat lancar dan konsumsi sangat cukup, bahkan lebih-lebih,” tutur Ma’ruf.

Begitu pula dengan tim kesehatan yang sangat sigap dalam melayani jamaah. ”Semua petugas kesehatan aktif, dan pasien ditangani dengan baik. Ada jamaah haji kami yang wafat pun, ditangani dengan baik,” terangnya.

Ma’ruf juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia penyelenggara, dan para petugas haji. ”Kami berterima kasih kepada Pak Menteri Agama, Gus Yaqut. Semoga layanan akan semakin baik lagi di masa mendatang,” pungkasnya.

Riyan