Dipimpin Ketua Bidang Pusdalops BPBD Kota Semarang, Heriyanto , tim KKN Tematik USM melakukan sosialisasi tanggap bencana banjir di Balai Kelurahan Genuksari, Semarang, Minggu (14/7/24). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim KKN Tematik Universitas Semarang (USM), yang ada di Kelurahan Genuksari, melakukan sosialisasi tanggap bencana banjir bersama perangkat kelurahan dan warga, di Balai Kelurahan Genuksari, Semarang, Minggu (14/7/24).

Narasumber sosialisasi ini dilakukan Bidang Pusdalops BPBD Kota Semarang, Heriyanto. Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Kepala Kelurahan Genuksari Mugiyono, dan Ketua LPMK Kelurahan Genuksari Masrokan.

Sedangkan tim KKN Tematik USM terdiri dari Ketua Abhinaya Raditya Putra, anggota Nur Aisyah Ciptaning Mustika Sari, Yedija Sheba Endro Lelono, Azizy Nur Halizah, Muhammad Nanang Khilmi Wibowo.

BACA JUGA: Setiap Rupiah Dana ABPD, Harus Dirasakan Masyarakat

Lalu ada juga, Nindya Yanuar Sadewa, Alfiatu Rohmaniyah, Alivia Ari Nuswantoro, Qoriroh Qurrotul Ain, Daniel Johan Kristian, Ahmad Alvin Ghifari. Mereka didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr Anik Kustirini ST MSi.

Dalam keterangannya Anik mengatakan, kegiatan ini diisi dengan sharing pengalaman dari beberapa warga, terkait dengan kebencanaan banjir. Menurut dia, selama ini di Kelurahan Genuksari, rutin setiap tahun terjadi banjir.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Kelurahan Genuksari,” imbuhnya.

BACA JUGA: Jajaran Imigrasi Gelar Layanan Paspor Simpatik “Lapor Gayeng”

Disampaikan juga, sosialisasi itu sebagai upaya yang harus dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana, untuk menangani dampak buruk yang dapat ditimbulkan.

Dalam sosialisasi itu juga, dipraktikkan kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsian dan pemulihan sarana prasarana.

”Salah satu penyebab utama terjadinya bencana banjir adalah, curah hujan tinggi yang berkepanjangan,” ujarnya.

Riyan