Perbedaan Google Doc dengan Ms Word. Foto: Tangkapan Layar

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Microsoft Word dan Google Docs merupakan salah satu pilihan platform yang sangat populer digunakan dalam lingkungan kerja, pendidikan, maupun hanya kebutuhan pribadi. Dari segi fiturnya, kedua platform ini ada keunggulannya masing-masing. Sehingga keduanya sangat cocok digunakan sebagai lembar kerja untuk tulis menulis.

Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang bisa dibilang paling banyak digunakan di dunia. Wajarlah, karena Microsoft Word memiliki beragam fitur editing, format, dan mengatur teks.

Sedangkan, Google Docs merupakan platform pengolah kata berbasis web yang disediakan oleh Google yang juga cukup favorit digunakan karena pengguna dapat mengakses dan mengedit langsung melalui web tanpa perlu install aplikasi tambahan.

Dilansir dari Suara.com, terlebih keduanya memiliki keunggulan masing-masing, setidaknya lima perbedaan dari kedua platform ini.

1. Interface (antarmuka)

Word sebenarnya lebih unggul dari segi fitur, namun cukup rumit digunakan dalam hal antarmuka bagi sebagian pengguna. Bagi pengguna pemula, bisa jadi ratusan tools dan opsi bawaan akan membingungkannya.

Sebaliknya, Google Docs relatif lebih mudah dipahami tapi memiliki keterbatasan dalam hal fitur. Namun, jika pengguna membutuhkan alat sederhana untuk membuat dokumen yang mudah diakses, Docs adalah solusinya.

2. Kompatibilitas file

Microsoft Word memungkinkan dapat menginpor file secara cepat dan bisa menampilkan file yang lebih kompleks secara konsisten di berbagai program afiliasi Microsoft.

Sedangkan, file Google Docs dapat diunduh dalam beberapa format yang sama dengan dokumen word. Tapi Google Docs lebih unggul dari kemampuan mempublikasikan langsung dokumen sebagai halaman web.

3. Pilihan berbagai file

Word memiliki alat pengeditan untuk berbagi dan mengedit dokumen antartim. Bahkan versi Office/Microsoft 365 yang terbaru juga memungkinkan pengeditan dan berbagi berbasis web. Namun, pengguna Word bisa sedikit rumit bagi pengguna yang belum terbiasa.

Sedangkan, Google Docs memiliki keunggulan dalam membuat dokumen secara cepat dan bisa langsung dibagikan melalui Google Drive. Google Docs bisa mengontrol dan memberikan izin untuk kolaborasi dengan pengguna lain.

4. Pilihan platform, add-on, dan aksesibilitas

Google Docs adalah layanan berbasis web yang bisa diakses di berbagai platform browser. Untuk itu, pengguna perlu mengaktifkan koneksi internet untuk mengaksesnya, kecuali jika telah mengaktifkan opsi file Google Drive offline di Chromebook. Pengguna juga perlu memiliki akun Google untuk bisa masuk dan membuat dokumen di Docs.

Google Docs secara otomatis mengunggah dan membuat file terpisah setiap kali ada perubahan file pada dokumen, sedangkan Microsoft memerlukan pengaturan OneDrive backup atau berlangganan Microsoft 365 untuk menyinkronkan, mengedit, dan membuka dokumen Word secara online.

5. Harga

Google Docs dapat kamu akses dan gunakan secara gratis untuk penggunaan pribadi. Sementara Microsoft Office memiliki dua opsi, versi standar dengan pembelian satu kali seharga USD150 setara Rp2,2 jutaan dan Microsoft 365 dengan biaya langganan seharga USD 7 atau setara Rp104 per bulan.

Nah, itulah setidaknya lima perbedaan antara Microsoft Word dengan Google Docs. Jadi, gimana menurut kamu?

Claudia