Babak Penyisihan Duta GenRe Tingkat Kabupaten Blora 2024, di ruang pertemuan lantai 2 kantor Bappeda Kabupaten Blora. 6 Juli 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Blora pada 6 Juli 2024 menggelar Babak Penyisihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Kabupaten Blora, bertempat di ruang pertemuan lt.2 kantor Bappeda Kabupaten Blora, Jalan GOR Karangjati Blora.

Acara tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Blora oleh Nur Hidayat, S.Pd., M.Si., peserta 53 orang Remaja terdiri dari 29 orang putri dan 24 orang putra.

Kepala Dinas Dalduk KB Kabupaten Blora, Achmad Nur Hidayat SH., MSi., MM.,  menyampaikan bahwa Duta Generasi Berencana (GenRe) merupakan ajang kreativias remaja, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

“Duta GenRe inilah salah satu ajang yang dapat dijadikan wadah mengeksplor diri, nilai-nilai, identitas, peran, dan perilaku agar masa peralihan remaja dapat mengarah pada kegiatan positif sehingga meningkatkan potensi remaja secara optimal,” ujar Achmad Nur Hidayat kepada suarabaru.id Senin, (8/7/2024).

Pemilihan Duta GenRe ini digelar, lanjut Achmad Nur Hidayat, untuk memperluas keterpaparan program GenRe di lingkungan masyarakat serta meningkatkan kapasitas dan kreatifitas remaja untuk menghadapi bonus demografi dan Indonesia Emas.

Ikut Tanggulangi Stunting

“Nanti para duta ini dapat menjadi delivery agent terhadap upaya percepatan dan penanggulangan stunting,” harap Achmad Nur Hidayat.

Para duta juga kedepannya akan ditingkatkan pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi  (Kespro) dan gizi remaja, imbuh Kepala Dinas Dalduk KB Blora.

“Pada pemilihan Duta GenRe ini diikuti oleh seluruh peserta, mulai dari seleksi Tertulis, Wawancara dan simulasi Penyuluhan. Setelah mengikuti seluruh rangkaian seleksi,” jelas Achmad Nur Hidayat.

Saat hadir di lokasi Babak Penyisihan Duta GenRe  Tingkat Kabupaten Blora,
Bunda Genre Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah memberikan semangat kepada para peserta Babak Penyisihan Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Blora.

Semangat Grand Final

“Ayooo… semangat !,” ucap Bunda Genre Blora.

“Untuk Babak Penyisihan hari ini akan diambil 15 pasang duta GenRe dari berbagai perwakilan dari Kecamatan yang sudah Mengikuti Seleksi Hari ini,” tandas Hj. Ainia Shalichah.

Untuk diketahui, Dewan juri babak penyisihan duta GenRe Tingkat Kabupaten Blora yakni Aprilia Sunti Rusita Dewi, S.Ab (Juara III Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah), Tisna Cahyamita, M.Psi (Psikolog RSUD dr. Soetijono Blora), Joko Budi Heri Santoso, S.Kep., Ners., MSi., dan Anton Suwoto., S.Kep., Ners., MM., (Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Blora), Setya Sulistyani, S.ST., (PKK Blora), Galih Indra Nugraha (Dinas Kepemudaan, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora).

Hasilnya, 15 pasangan Duta GenRe 2024 yang sudah melewati babak penyisihan akan melanjutkan untuk tahap ke Grand Final berikutnya.

Kudnadi Saputro