Yaqut Cholil Qoumas. Foto: kemenag

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyambut baik rencana kedatangan Grand Syekh Universitas Al-Azhar as-Syarif, Kairo, Mesir, Prof Dr Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb, yang diagendakan akan mengisi kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Grand Syekh Al-Azhar Mesir ini direncanakan mengisi kuliah umum di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, setelah berkunjung ke Istana Negara bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

”Ribuan mahasiswa Indonesia belajar di Mesir. Banyak ulama besar di Indonesia menempuh studinya di negeri para Nabi itu. Bahkan, Presiden Republik Indonesia ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gusdur), juga tercatat pernah belajar di Negeri Kinanah itu,” kata Menag dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (8/7/2024).

BACA JUGA: Temu Pendidik Nusantara XI Jepara, Hadirkan 200 Pendidik Berbagi dan Belajar dari Tiga Kabupaten

Dalam rangka menyukseskan acara ini, Menag mengundang semua Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Indonesia, dosen, mahasiswa, serta para tokoh lintas agama, untuk menghadiri kuliah umum di UIN Jakarta.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Asep Saepudin Jahar mengatakan, kedatangan “tamu agung” ini merupakan sebuah anugerah untuk sivitas akademika. ”Kita tentu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang akan dipaparkan Grand Syekh Al-Azhar,” tutur dia.

Grand Syekh Al-Azhar akan mengisi kuliah umum dengan tema ‘Meneguhkan Moderasi Beragama untuk Membangun Toleransi dan Harmoni’. Tema ini, papar Asep, sangat relevan dengan konteks kekinian.

BACA JUGA: SMV Kementerian Keuangan RI Bersinergi dalam Program Penyelamatan DAS Serayu

”Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, selalu mengedepankan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap dia lagi.

Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Umum ini, Dr Yuli Yasin menambahkan, panitia telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, Kemenag, Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo, untuk menyukseskan kegiatan ini.

Setiap hari, tuturnya, sejak informasi kedatangan dan rencana kegiatan kuliah umum Grand Syekh Al-Azhar di UIN Jakarta, panitia selalu mengadakan rapat, baik secara daring maupun luring.

BACA JUGA: Hasil Survei KPK, Cuma 4 Persen Suami-Istri yang Tanamkan Kejujuran dalam Keluarga

”Panitia selalu koordinasi untuk menyelesaikan hal-hal teknis,” ungkap Dr Yuli, yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Jakarta ini.

Kuliah Umum Grand Syekh Al-Azhar ini direncakan akan dihadiri Prof Dr KH Muhammad Quraish Shihab Lc MA, yang juga akan memberikan sambutannya. Prof Quraish Shihab, merupakan alumni Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, dan pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia di Kairo, Mesir, serta pernah pula menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta.

Riyan