Pemain LavAni (putih/kiri), melakukan smash keras yang tak mampu dibendung dua pemain Jakarta Bhayangkara Presisi. Foto: proliga

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Tim bola voli milik Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga selaku juara bertahan putra, Jakarta LavAni Allobank Electric, tampil apik pada putaran Final Four Seri I PLN Mobile Proliga 2024, yang digelar di GOR Bung Tomo, Surabaya, Jumat (5/7/2024).

LavAni meraih nilai sempurna, setelah meraih kemenangan perdana atas Jakarta Bhayangkara Presisi, dengan skor telak 3-0 (25-17, 25-15, 25-20). Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiga LavAni atas Bhayangkara Presisi, sepanjang Proliga musim ini. Dua kemenangan sebelumnya diraih Dio Zulkifli dkk, pada babak reguler.

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengatakan, kekuatan servis menjadi kunci bagi timnya untuk menekan pertahanan Bhayangkara Presisi. Dan keunggulan itulah yang digunakan anak-anak asuhnya, untuk menyelesaikan laga yang diselesaikan dalam tiga set itu.

BACA JUGA: Tumbangkan Tunas Muda, Bacin Evolution Optimistis Rengkuh Juara Paruh Musim

”Hari ini kami bermain sangat solid, baik dalam menyerang maupun bertahan. Servis dan receive yang bagus menjadi kunci, dalam permainan bola voli modern. Dan hal itu terbukti pada pertandingan hari ini,” kata Jais usai pertandingan yang juga disaksikan SBY dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu.

Sementara itu, pelatih Jakarta Bhayangkara Presisi, Riedel Toiran Gonzales Toiran mengakui, anak-anak asuhnya bermain buruk dan kurang semangat. Sehingga strategi yang sudah disiapkan, tidak berjalan baik.

”Sejak seri reguler terakhir di Pontianak, kondisi beberapa pemain agak menurun dan ada yang cedera. Sehingga kami tidak bisa berlatih full tim. Tetapi memang fokus dan semangat tim kurang maksimal pada laga ini,” imbuh Toiran.

BACA JUGA: USM Raih Medali Perak di Kompetisi Inovasi Internasional

Di laga lainnya, tim putri Jakarta BIN bangkit dan mengalahkan Jakarta Electric PLN, dengan skor 3-0 (25-21, 25-20, 25-22). Kedua tim bertemu dalam situasi berbeda. Jakarta BIN sehari sebelumnya kalah dari Jakarta Pertamina Enduro, sedangkan Electric PLN menang atas Jakarta Popsivo Polwan.

Asisten pelatih Jakarta BIN, Labib mengatakan, kekalahan pada laga sebelumnya sedikit berpengaruh terhadap mental pemain. Tetapi hal itu ternyata bisa cepat diatasi.

”Kami bersyukur para pemain bisa memberikan penampilan terbaiknya dan meraih kemenangan. Kekalahan sebelumnya jelas ada pengaruhnya, tetapi itu bisa diatasi,” jelas dia.

BACA JUGA: Profesor Unissula Sampaikan Potensi Konflik Tanah Ulayat di IKN

Di lain pihak, pelatih Jakarta Electric PLN, Chamnan Dokmai menyatakan, pemainnya tidak memiliki banyak waktu untuk pemulihan, setelah kemarin bertanding hingga larut malam.

”Praktis kami hanya punya waktu recovery sembilan jam. Ini sangat kurang,” tukas dia.

Jadwal Sabtu (6/7/2024):
14.00 WIB: Bhayangkara va Bank Sumsel (Putra)
16.00 WIB: Pertamina vs Electric (Putri)
18.30 WIB: LavAni vs STIN BIN (Putra).

Riyan