Media Fujian kunjungan di Mangkunegaran, Surakarta (3/7/2024). Foto: Ning S

KARANGANYAR (SUARABARU.ID) – Pura Mangkunegaran, selain sebagai tempat tinggal anggota kerajaan, juga menjadi destinasi wisata kebudayaan di Indonesia.

Hingga saat ini Mangkunegaran terus menyorot perhatian publik melalui unggahan-unggahan yang viral di media sosial. Mangkunegaran sebagai sebuah destinasi pariwisata kebudayaan menggabungkan akulturasi antara kebudayaan tradisional dan modern.

Diketahui, bangunan Mangkunegaran ini berada di Surakarta yang dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton.

Media Fujian kunjungan di Mangkunegaran, Surakarta (3/7/2024). Foto: Ning S

“Mangkunegaran memiliki daya tarik yang luar biasa yang merupakan destinasi wisata seni budaya dan warisan leluhur bangsa khas Jateng selain kasunanan, ” kata Plh Kepala Disporapar Provinsi Jateng, Syurya Deta Syafrie, ST, MT dalam kegiatan Jateng On The Spot Media Fujian di Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah pada Rabu (3/7/2024).

Ia berharap mereka (peserta Jateng On The Spot Media Fujian) mengerti atau mengetahui bahwa di Jawa Tengah ada kerajaan-kerajaan masa lampau.

Menurut Syurya Deta, Jawa Tengah merupakan pusatnya wisata, baik wisata alam, budaya kesenian, maupun peninggalan budaya bangsa, semua ada di Jateng. “Kalau mau seru-seruan ya di Jateng aja, kalau mau yang nikmat ya harus jelajah di Jawa Tengah,” tuturnya.

“Jateng On The Spot kali ini istimewa karena diikuti rombongan dari media Fujian. Ini menjadi kebanggaan bagi kita. Mereka kita ajak mengunjungi wisata Kota Semarang Sam Poo Kong, Lawang Sewu dan Kota Lama. Dan di Solo mereka mengunjungi Museum Sangiran, Kertanegaran, dan tempat pembuatan batik. Sedangkan di Magelang berkunjung di Candi Borobudur serta Omah Budur,” ungkapnya.

Syurya Deta berharap, media Fujian yang berkunjung di wisata Jawa Tengah dengan pengalaman mereka akan menjadi kenangan yang sangat indah.