Sejumlah anggota BURT DPR RI berfoto bersama Jajaran Manajemen RSI Sultan Agung Semarang, usai melakukan pertukaran cinderamata. Foto: rsisa

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR RI, melaksanakan kunjungan kerja program VVIP Jamkestama Asuransi Kesehatan PT Jasindo, di RSI Sultan Agung, Semarang, pada Selasa (3/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung implementasi program askes yang dirancang untuk memberikan pelayanan kesehatan Kelas I bagi para anggota DPR RI dan keluarganya.

Dalam kunjungan itu, hadir H Agung Budi Santoso SH MM selaku Ketua BURT DPR RI, Dede Indra Permana SH (Wakil Ketua BURT), serta sejumlah anggota BURT seperti Indah Kurniawati SE MM, Irma Suryani SE MM, Elly Rachmat Yasin, Drs H Hamid Noor Yasin MM, dan Lasmi Indaryani SE.

BACA JUGA: Seorang Pemimpin Harus Punya Kemampuan Adaptasi Digital

Selain itu, turut serta mendampingi Kepala Cabang Semarang PT Jasindo, Dani Anggorowati SE, PIC Jamkestama Muchammad Hery Remawan, dan jajaran Direksi RSI Sultan Agung Semarang.

Agung Budi Santoso dalam sambutannya mengaku kagum dengan perkembangan RSI Sultan Agung Semarang, yang telah berdiri sejak 1971.

”Saya sudah sering mendengar tentang rumah sakit ini. Termasuk pernyataan dari Pak Dede Indra tadi, bahwa memang sudah merasakan betul pelayanan dan sistem pengobatan yang ada di sini. Ini menjadi salah satunya hal yang menarik,” pujinya.

BACA JUGA: UKM Promise USM Gelar Seminar Personal Branding dan Konten Kreator

Kabar baik itu rencananya akan disampaikan Agung Budi Santoso, kepada anggota DPR RI yang lain. ”Tentunya kita akan sampaikan dan kabarkan kepada para anggota DPR RI yang lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut Agung menyampaikan, meskipun sering ke Kota Semarang, namun baru pertama kali ini berada di RSI Sultan Agung. ”Kami ke Semarang sudah beberapa kali, tapi belum pernah mampir ke RSI Sultan Agung. Ternyata ada mutiara yang tersembunyi, luar biasa,” pujinya.

Sementara itu, Direktur Utama RSI Sultan Agung Semarang, Prof Dr Agung Putra MSi Med menyampaikan keinginannya, untuk mengembangkan layanan stemcell, yang saat ini on process. Pihaknya juga selalu siap memberikan berbagai macam layanan kesehatan kepada seluruh anggota DPR.

BACA JUGA: Kunker di Klaten, Kapolda Jateng Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Prof Agung menambahkan, tidak semua stemcell bisa dilakukan di klinik-klinik biasa, karena ada standar yang harus dipenuhi. Saat ini di Indonesia hanya ada tiga tempat yang sudah sesuai standar, salah satunya Stem Cell and Cancer Research (SCCR), yang ada di wilayah Gunung Pati, Semarang.

Selain akan mengembangkan layanan stemcell, RSI Sultan Agung Semarang juga mengembangkan layanan di Klinik Jantung. Hal itu seperti disampaikan Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan, dr Vito Mahendra Eka Saputra MSi Med SpB Sub SpBD (K).

”Alhamdulillah, kami punya ahli yang sudah bekerja sama dengan Osaka dan Hokkaido Health Center, yang dapat melakukan tindakan rotablator,” ungkap dr Vito.

BACA JUGA: Mahasiswa KKN Tematik II USM Sosialisasikan Penanggulangan Bencana

Disampaikan juga olehnya, tindakan itu biasanya dilakukan bagi pasien penyakit jantung yang tidak bisa dipasang stent, karena plak yang menyumbat pembuluh darah sudah terlalu padat.

”Kami memiliki alat rotablator, sehingga alat itu bisa masuk dan mengebor plak, sehingga bisa dilakukan pemasangan stent,” terangnya.

Usai melakukan kunjungan dan mendengarkan penjelasan secara langsung, rombongan anggota DPR RI itu, mengakhiri pertemuannya dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Riyan