Perwakilan tim yang masuk babak Final Four Proliga 2024, menyatakan diri siap tampil maksimal dan menjunjung tinggi fair play. Foto: proliga

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Wakil Direktur Proliga, Reginald Nelwan berharap, menghadapi tiga pekan laga penutup kompetisi bola voli ini, keempat tim semifinalis baik putra dan putri, tampil sportif dan selalu menjunjung tinggi fair play.

Hal itu seperti yang dia sampaikan, saat sesi jumpa pers jelang bergulirnya babak Final Four PLN Mobile Proliga 2024, yang akan berlangsung di GOR Bung Tomo, Surabaya, mulai Kamis (4/7/2024).

”Kami mengharapkan putaran final ini berlangsung seru dan menarik. Harapan kami, tim yang berlaga di Final Four tampil sportif dan fair play,” ujar Regi, yang juga Ketua III Bidang Pertandingan PP PBVSI, dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (3/7/2024).

BACA JUGA: Disbudpar Kudus Gelar Pembinaan Jupel Benda Cagar Budaya

Menurut dia, pihaknya akan tetap menggunakan Video Challenge pada Final Four ini, seperti yang sudah digunakan pada babak reguler, yang dimulai sejak 25 April 2024 lalu.

Video challenge ini digunakan untuk membantu wasit dalam memimpin setiap pertandingan, agar laga berjalan lancar,” tambah dia.

Dari jadwal yang ada, tim putri Jakarta BIN dan Jakarta Pertamina Enduro, akan mengawali laga awal babak empat besar ini. Final Four sendiri dijadwalkan berlangsung dua seri, dan akan ditutup Grand Final di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu-Minggu (20-21/7/2024) mendatang.

BACA JUGA: Hasyim Asy’ari Dipecat DKPP RI Atas Dugaan Asusila

Seri pertama Final Four akan berlangsung pada Kamis-Minggu (4-7/7/2024), di GOR Bung Tomo Surabaya. Sedangkan seri kedua dijadwalkan berlangsung di GOR Jatidiri, Semarang, Kamis-Minggu (11-14/7/2024).

Empat tim putri, selain Jakarta BIN dan Jakarta Pertamina Enduro, ada dua lagi yang akan berlaga di Final Four musim ini, yakni Jakarta Electric PLN dan Jakarta Popsivo Polwan.

Sedangkan di sektor putra, empat tim yang akan tampil di babak empat besar, yakni juara bertahan Jakarta LavAni Allobank Electric, Jakarta STIN BIN, Palembang Bank SumselBabel, dan Jakarta Bhayangkara Presisi.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Rekonsiliasi Data Notaris Bersama MPD Kabupaten Rembang

Dua tim teratas, putra dan putri, pada dua pekan Final Four itu, nantinya akan tampil di partai puncak. Gran final putri digelar Sabtu (20/7/2024), sedangkan putra pada Minggu (21/7/2024).

Pada musim ini di bagian putri akan ada juara baru, setelah pada dua musim lalu ditempati Bandung Bank bjb Tandamata. Sebagai juara bertahan, tim Mojang Priangan itu gagal lolos ke Final Four di tahun ini.

Di bagian putra, juara dua kali berturut-turut Jakarta LavAni Allobank Electric (2022 dan 2023), lolos ke Final Four. Ini berarti masih ada peluang untuk mempertahankan gelar juaranya di musim ini, yang telah memasuki tahun ke-22.

BACA JUGA: Bank Jateng Bersama Pemkot Surakarta Implementasikan Kartu Kredit Indonesia Qris Bank Jateng

Seperti pada laga Proliga sebelumnya, seluruh pertandingan Final Four ini akan disiarkan secara langsung melalui Moji TV dan vidio.

Jadwal Kamis (4/7/2024):

14.00 WIB: BIN vs Pertamina (putri)

16.00 WIB: Bank Sumsel vs STIN BIN (putra)

18.30 WIB: Popsivo vs PLN (putri)

Riyan