Muatan tebu truk Hino tumpah ruah di Jalan Raya Sragen - Solo, di Desa Duyungan, Sidoharjo,  akibat terguling, diseruduk truk tronton, Jumat (28/6).Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Truk sarat bermuatan tebu yang tengah parkir terguling akibat disosor dari belakang truk tronton, di Jalan Raya Sragen – Solo, di Desa Duyungan, Sidoharjo, Jumat (28/6/2024) sekitar pukul 13.00.

Musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun truk Hino AD 9522 DE yang dikemudikan Bendil (32) mengangkut tebu terguling dan mengalami kerusakan.

Ribuan batang tebu yang tumpah menghalangi lajur jalan Sragen – Solo. “Sejumlah anak terlihat memunguti tebu yang berserakan di jalan,” tutur Kardi, Warga Desa Duyungan yang berada di lokasi itu.

Karena jalan raya terhalang, sehingga petugas Satlantas Polres Sragen melakukan  rekayasa arus lalin yang datang  dari arah utara (Sragen) dialirkan di jalur contraflow (lawan arah).

Sebelum terjadinya kecelakaan, jalur  itu dipakai searah untuk lalin dari arah Solo. “Arus lalu lintas lancar, setelah ada pengalihan jalur lawan arah itu,” tambah Kardi.

Sisdi (42), pengemudi truk tronton AD 8317 QY saat ditemui mengatakan, semula dia melihat truk mengangkut tebu parkir di tepi jalan di depan Indomaret di Jalan Raya Sragen – Solo, di Desa Duyungan.

Sehingga dia mengambil lajur di kanan, tanpa diduga sebuah truk boks dengan kecepatan tinggi menyalipnya, sehingga mengejutkan Sisdi. Sisdi kemudian mengayunkan kemudian  truk ke kiri dan membentur bagian pantat truk Hino, hingga terguling.

“Truk tronton yang saya kemudikan mengalami rusak berat di  bagian kabin sebelah kiri dan kaca depan pecah,” tuturnya.

Saat itu Sisdi mengemudikan truk tronton kosong dari Gendingan, Ngawi untuk mengambil pasir di Klaten.

Bendil, sopir truk yang akan menyetor tebu ke Pabrik Gula di Yogya, mengaku kaget saat mengetahui truknya tiba-tiba ada yang menabrak dari belakang, kemudian terguling dan muatannya tebu tumpah di jalan raya.

Anind