Teras Rektor meriahkan rangkaian Gelar Inovasi Harmoni Nusantara UKSW (27/6/2014). Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Kegiatan bertajuk Teras Rektor meriahkan rangkaian Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar di Balairung Universitas, Kamis (27/6/2024).

Teras Rektor menjadi forum untuk mendiskusikan inovasi yang telah dilakukan perguruan tinggi untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Selain Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., hadir dalam Teras Rektor antara lain, Rektor Universitas Katolik Parahyangan Prof. Tri Basuki Joewono, Rektor Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN.Eng., Wakil Rektor IV Universitas Pertahanan Republik Indonesia Mayjend TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng., Sc., CIQnR., CIQaR., IPU., CIPA., ASEAN Eng., Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto, S.IP., M.Si., Ph.D., dan Wakil Rektor I Universitas Nusa Cendana Prof. Dr. drh. Annytha I.R. Detha, M.Si.

Butuh tindakan nyata

Dimoderatori oleh Septi Wulandari yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) UKSW, pimpinan perguruan tinggi yang hadir dalam acara ini sepakat bahwa yang dibutuhkan adalah tindakan nyata. Tindakan nyata tersebut berupa inovasi yang mampu menjawab permasalahan di masyarakat, sehingga perguruan tinggi tidak terjebak pada formalitas saja dan menjadi menara gading.

Rektor Intiyas menyebut, bicara inovasi akan diawali dengan riset oleh dosen dan mahasiswa yang memerlukan roadmap penelitian agar sifatnya berkelanjutan. Mendobrak sekat bidang ilmu juga ditegaskan Rektor Intiyas agar keberlanjutan riset tidak terhenti. Karena itulah, di UKSW dibentuk konsorsium fakultas agar riset yang dilakukan lintas disiplin ilmu.

“Kita harus berani membuka sekat untuk membuat harmonisasi ilmu. Kami di UKSW membuat konsorsium fakultas dan masing-masing harus punya live laboratory sehingga bisa memberikan daya dampak untuk wilayah yang dipilih dan masyarakatnya,” papar Intiyas.

Ditambahkan, meskipun terletak di Salatiga Jawa Tengah, medan layanan UKSW tidak hanya di Salatiga dan juga Kabupaten Semarang. UKSW juga mempunyai medan layanan live laboratory di Lereng Kelimuntu dan Soe di wilayah Nusa Tenggara Timur.