Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto menyerahkan bantuan tongkat bagi penyandang disabilitas dalam acara pengobatan gratis menyambut Hari Bhayangkara, Rabu 26 Juni 2024. Foto:ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sebanyak 80 penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan kesehatan oleh Sidokkes Polres Kudus, Polda Jateng yang merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 yang akan jatuh pada 1 Juli nanti.

Dalam rangkaian ini, Polres Kudus menggelar aksi sosial berupa bakti kesehatan bagi penyandang disabilitas di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo, Kudus pada Rabu (26/6/2024).

Tidak hanya memberikan pelayanan pengobatan umum, pemeriksaan TTV, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan kolesterol serta pemberian obat dan Vitamin saja, namun juga memberikan bantuan kepada disabilitas berupa pemberian kursi roda, kruk, Alat Bantu Dengar (ABD).

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, kegiatan bakti kesehatan mengunjungi dan memberikan bantuan kesehatan kepada saudara kita disabilitas dilaksanakan dalam rangka membangun kepedulian terhadap sesama terutama kepada para penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan gratis. Kita menyambangi saudara kita penyandang disabilitas dan memberikan bantuan terutama untuk kemudahan aktifitas mereka seperti kursi roda, kruk dan alat bantu dengar,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto yang didampingi sejumlah PJU Polres.

“Semoga bisa meringankan beban saudara kita untuk menjalankan aktifitasnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ps. Kasidokkes Polres Kudus, Penata TK I dr. Eny Puji Utami menerangkan, pihaknya mengadakan bakti kesehatan berupa pelayanan kesehatan kepada para penyandang disabilitas di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo sebanyak 80 orang.

“Kita turunkan tim kesehatan dari Sidokkes Polres untuk memberikan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan sebanyak 40 orang dan pemberian vitamin dan obat-obatan sebanyak 80 orang,” urainya.

Kegiatan bakti kesehatan dalam rangkaian Hari Bhayangkara tersebut membuat senang sekaligus rasa haru bagi penyandang disabilitas dan para pengasuh diyayasan tersebut.

Sholeh Saputra, salah satu penerima bantuan tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya mendapatkan bantuan kursi roda dan pelayanan kesehatan gratis dari petugas kepolisian.

“Terimakasih pak Polisi Polres Kudus, saya sangat berbahagia diberi kursi roda ini gratis, ini akan mempermudah aktifitas saya sehari hari. Tadi diperiksa gula darah, asam urat dan tensi,” ujarnya.

Ali Bustomi