Pemotongan tumpeng oleh Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, yang diserahkan kepada Rektor Intiyas (24/6/2024). Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dipenuhi dengan semangat syukur dan kebersamaan pada hari yang istimewa, Senin (24/6/2024).

Fakultas Psikologi merayakan Dies Natalis ke-25 dengan tema yang menginspirasi, “Bersatu dalam Keanekaragaman: 25 Tahun Pencapaian Bersama.” Acara ini tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga refleksi atas perjalanan panjang yang telah ditempuh oleh fakultas ini.

Ibadah syukur yang khusyuk dipimpin oleh Pdt. Adi Setyo Kristianto, S.Si., yang mengingatkan pentingnya persatuan dalam keberagaman. “Seperti pelangi yang indah dengan berbagai warnanya, kita juga harus bersatu tanpa melihat latar belakang suku atau etnis. Perbedaan adalah kekuatan kita,” ujarnya, menekankan nilai inklusivitas yang telah menjadi ciri khas UKSW.

Dekan Fakultas Psikologi Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog., mengungkapkan rasa syukur atas perjalanan 25 tahun fakultas ini. “Dimulai pada 23 Juni 1999 dengan hanya 56 mahasiswa, kini kami berkembang memiliki student body lebih dari 1200 mahasiswa dengan program studi S2 yang dibuka pada tahun 2006. Semua pencapaian ini adalah berkat dukungan banyak pihak,” katanya dengan penuh bangga.

Fakultas Psikologi yang memiliki tagline “Everyone Matters” diharapkan dapat menjadi pengingat civitas academica untuk saling menghargai dan menghormati untuk bersatu dalam keanekaragaman. “Kita mencapai 25 tahun ini bersama, bukan sendiri. Kami yakin dan percaya bahwa Tuhan telah menyertai 25 tahun ini, Tuhan juga yang akan menyertai ke depan,” imbuhnya.

Sementara Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., turut memberikan ucapan selamat dan apresiasi atas dedikasi yang telah ditunjukkan oleh seluruh civitas academica Fakultas Psikologi. “Perjalanan ini penuh dinamika, namun kesatuan hati menjadi kekuatan kita. Mari tingkatkan kolaborasi dan komunikasi untuk memantapkan langkah kita menuju World Class University (WCU),” ujarnya, memotivasi semua yang hadir.

Komitmen menjaga persatuan

Momen puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, yang diserahkan kepada Rektor Intiyas, salah satu pendiri Fakultas Psikologi Prof. Dr. Sutarto Wijono, MA., dan dosen termuda Fakultas Psikologi, Maria Prima Novita, M.Psi., Psikolog. Acara ini juga menandai peluncuran Mars Fakultas Psikologi UKSW, yang diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kebanggaan seluruh civitas academica.

Hadir dalam acara tersebut Rektor UKSW Periode 1983-1993 Prof. Dr. (H.C.) Willi Toisuta, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Dhyana Pura Bali Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., M.A., yang juga merupakan alumni UKSW, serta berbagai elemen civitas academica lainnya.

Ketua panitia Dies Natalis ke-25, Maria Nugraheni Mardi Rahayu, M.Psi., Psikolog., mengungkapkan, perayaan ini adalah momentum untuk mengukuhkan komitmen dalam menjaga persatuan di tengah keanekaragaman.

Perayaan Dies Natalis ke-25 ini juga membuka rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga akhir tahun. Pada Jumat, 28 Juni 2024, akan diadakan Pesta Rakyat yang mencakup jalan sehat dan bazar, terbuka untuk seluruh civitas academica UKSW. Pada 11-12 Juli 2024, akan digelar Psycompetition Nasional yang terdiri dari lomba Poster Psychographic dan Lomba Cerdas Cermat Psikologi, diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Selain itu, pada Sabtu, 13 Juli 2024, akan diadakan Temu Alumni Psikologi di Gedung Fakultas Psikologi, yang terbuka untuk semua alumni. Di hari yang sama, akan digelar Celebration Night untuk merayakan ulang tahun perak Fakultas Psikologi, terbuka untuk seluruh civitas academica UKSW. Puncak dari rangkaian kegiatan ini adalah Temu Ilmiah Nasional pada 7-9 November 2024, bekerja sama dengan Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR), yang akan menyelenggarakan seminar nasional, call for paper, workshop psikologi forensik, dan jalan-jalan forensik.

Ning S