Bank Jateng dukung Program Ketahanan Pangan Nasional di Panen Raya Jagung, bersama Pangdam IV Diponegoro (22/6/2024). Foto: Humas

KENDAL (SUARABARU.ID) – Bank Jateng menunjukkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan nasional, dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Panen Jagung bersama rakyat di Kendal.

Acara ini dilaksanakan di lahan Yayasan Rumpun Diponegoro, Dusun Pablengan Desa Sidokumpul Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, pada Sabtu (22/6/2024).

Dukungan Bank Jateng diwujudkan dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani jagung di sekitar lokasi panen.

“Kami berharap penyaluran KUR ini mampu membantu para petani dalam meningkatkan modal usaha mereka, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka,” ujar Irianto Harko Saputro, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Jateng.

Irianto menjelaskan, Bank Jateng tidak hanya memberikan akses permodalan, tetapi juga pendampingan kepada para petani melalui pelatihan Farmer Business Game (FBG). FBG merupakan metode pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kemampuan manajemen usaha para petani.

“Kami ingin para petani jagung di Kendal dapat menjadi petani yang mandiri dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di sektor pertanian,” tegas Irianto.

Dukungan Bank Jateng ini sejalan dengan komitmen Kodam IV Diponegoro dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Sementara itu Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi menyampaikan, kegiatan panen jagung bersama ini akan terus dilaksanakan. “Jadi setelah panen akan segera kita tanami kembali. Dan saya yakin jika kita fokuskan lagi nanti hasilnya akan lebih banyak lagi, ” tuturnya.