Penampilan sanggar seni tari Laras Batealit memukau pengunjung pentas Seni di Desa Batealit, 19 Juni 2024. Foto: Hadepe

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kearifan lokal menjadi tradisi  yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia seperti acara tahunan Sedekah Bumi di Desa Batealit,  Kec. Batealit Kab. Jepara. Acara yang berlangsung selama tiga hari tiga malam ini diselenggarakan langsung oleh Pemerintah Desa Batealit  dengan melibatkan lembaga desa serta warga masyarakat yang turut antusias menyambut acara sakral ini Rabu, 19/06/2024

Petinggi Batealit Ali Asikin (tengah) bersama carik M. Shofi’i (kanan) dan Ketua BPD Khoirul Manan (kiri)

Dimulai hari Selasa malam diadakan Doa Bersama kemudian Rabu pagi ada Pentas Seni dan Budaya yang diikuti tujuh lembaga sekolah meliputi PAUD hingga SMP dan pentas budaya dari pemuda desa Batealit sendiri.

Ada juga  “Arak-arakan” yang menjadi agenda yang paling ditunggu sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Allah Swt. Dengan acara yang dikemas dalam konsep kirap ini masyarakat menunjukkan kesyukurannya dengan menampilkan hasil bumi yang ada di Desa Batealit.

Kirab gunungan sebagai wujud syukur masyarakat Desa Batealit, Foto: Hadepe

Disamping itu ada  pertunjukan wayang kulit semalam suntuk juga menjadi tradisi yang turun temurun. Acara ini selanjutnya akan ditutup Pengajian Umum sebagai pamungkas acara sedekah bumi.

Ali Asikin Petinggi desa Batealit mengatakan bahwa tujuan sedekah bumi adalah untuk menumbuhkan semangat  masyarakat Desa Batealit untuk bersama-sama membangun desa.

Sedangkan manfaatnya sebagai ungkapan  rasa syukur warga  atas bumi yang ditempati sekaligus diambil manfaat baik yang didalam tanah maupun diatas bumi.

Kirab gunungan hasil bumi yang menjadi salah satu ciri kirab budaya di Desa Batealit, Foto: Hadepe

Event yang dimeriahkan setahun sekali pada hari Rabu Pahing ini supaya masyarakat membudayakan gotong royong dan saling bahu membahu., tegasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat atas partisipasi pelaksanaan kirab dan lainnya., imbuhnya

Hadepe – Manan