Khotib Drs H Sudirman MQ (berdiri di podium) menyampaikan khutbah di Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M yang digelar di Halaman Makodim 0728 Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam ibadah kurban, tidak hanya memberikan nilai tauhid untuk meningkatkan keimanan, Tapi juga memiliki semangat humanisme dan kepedulian kepada sesama. Ini akan membuat hidup menjadi berkah.

Demikian ditegaskan Drs H Sudirman MQ, Senin (17/6/24), saat tampil menjadi khotib pada Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Halaman Kodim 0728 Wonogiri. Ibadah kurban, terdapat di semua agama. ”Tapi di Agama Islam, ibadah kurban punya makna dan nilai karakteristik sendiri,” tegasnya.

Sudirman, yang merupakan tokoh Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri ini, menyebutkan setidak-tidaknya ada 3 makna dan nilai karakteristik ibadah kurban di Agama Islam. Yakni nilai tauhid, ketaqwaan dan semangat humanisne kepedulian sosial.

Disebutkan, ibadah kurban dapat menjadi sarana dan bukti adanya ketersambungan tauhid. Kata Sudirman, menyembelih hewan kurban dengan menyebut Asma Allah, adalah bagian wujud dari jalan tauhid.

Sudirman yang pernah meraih anugerah juara pidato tingkat nasional ini, menyebutkan, berkurban menjadi realisasi ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan keikhlasan hati, ketaqwaan dapat diraih. Melalui ibadah kurban, ada nilai kebaikan dan kedekatan dengan Allah. ”Sekecil apapun, kebaikan harus dilakukan,” tandasnya.

Ikut hadir dalam sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di Halaman Kodim 0728 Wonogiri, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Drs H Kusman Toha MPd. Bertindak sebagai Imam Sholat adalah Ustadz Yusyifarizal Ma’muri SPd.

Meluber

Podium Imam dan Khotib diletakkan di teras Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Nyawiji Mbangun Wonogiri. Jamaah meluber ke ruas jalan raya di depannya, dan memenuhi Halaman Makodim 0728 Wonogiri. Ini menjadikan penggal ruas jalan protokol Kota Wonogiri tersebut, ditutup sejak dari Traffic Light (lampu bangjo) perempatan Gudangseng, dan dilakukan pengalihan arus kendaraan.

Ketua dan Sekretaris Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Wonogiri, Murdisi SAg MSi dan Hanung Rudianto SE, menyatakan, Senin (17/6/24), Panitia PHBI menggelar Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M serentak di 5 lokasi di wilayah Kota Wonogiri.

Lokasi pertama, di halaman Masjid Agung At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri, dengan menampilkan Imam dan Khotib Ustadz Nanang Fatihunnadah Al Hafidz dan Drs H Yasid Alba MSi.

Kedua, di Lapangan Sukorejo (depan Mapolres Wonogiri lama) dengan Imam dan Khotib Ustdaz Asrori SPdI Al Hafidz dan Ustadz Murtado SPdI. Ketiga, di Halaman Makodim 0728 Wonogiri, dengan Imam dan Khotib Yusyfarizal Ma’muri SPd dan Drs H Sudirman MQ.

Keempat, di Lapangan Bantarangin dengan Imam Ustadz Fathul Hidayat dan Khotib Dr H Sunar MAg. Kelima, di Stadion Pringgondani Wonokarto Wonogiri, dengan Imam Muhammad Abdul Azis SPd dan Khotib Dr Rial Fu’adi MAg.
Bambang Pur