Presiden Jokowi duduk di barisan paling depan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Simpang Lima, Semarang, pada Senin, 17 Juni 2024.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengenakan peci, jas hitam, dan sarung warna coklat.

Presiden duduk di barisan paling depan, didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Salat Idul Adha tersebut dipimpin oleh KH Zaenuri Ahmad Al Hafidz, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Quran Semarang, sebagai imam. Sedangkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, bertindak sebagai khatib.

Presiden Jokowi mengenakan peci, jas hitam, dan sarung warna coklat.

Dilansir melalui kanal YouTube Setpres, setelah salat Idul Adha, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat di sekitar Simpang Lima Semarang. Presiden juga melayani masyarakat yang ingin berfoto bersamanya.

Selain itu, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban berupa sapi jenis simental berusia lima tahun dengan berat 1.250 kilogram.

Sapi tersebut diserahkan untuk Masjid Baiturrahman Semarang dan diterima oleh KH Ahmad Darodji MSi, Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah.

Bantuan sapi kurban dari Presiden Jokowi disalurkan ke seluruh provinsi di Indonesia, masing-masing satu ekor. Tahun ini, bantuan serupa juga diserahkan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Sapi-sapi kurban yang diberikan oleh Presiden memiliki berat yang bervariasi, mulai dari 800 kilogram hingga satu ton.

Wahyu