Penyembelihan hewan kurban di Dukuh Pekoso Desa Tempur, Senin tanggal 17 Juni 2024. Foto: Imam Sukoco

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bukan saja tempat ibadahnya berhadapan dan hanya terpisah jalan tak lebih 4 meter, namun setiap setiap rangkaian acara Idul Adha, ketika dilakukan penyembelihan hewan kurban, umat Kristiani   juga mendapatkan daging hewan korban di Desa Tempur, Kecamatan Keling.

Ketua Panitia Qurban, Kiswantoro bersama tokoh umat Kristen Suwandi di depan Masjid dan Gereja usai sholat Idul Adha, Senin 17 Juni 2024. Foto: Imam Sukoco

Di  desa ini, terdapat tempat ibadah yang letaknya berhadapan, yaitu masjid Nurul Hiqmah dan GITJ Tempur. Kerukunan  ini sudah berlangsung lama dan diwariskan turun temurun oleh para sesepuh dan tokoh agama di  padukuhan ini. Kerukunan hidup seperti inilah yang layak menjadi teladan bagi bangsa Indonesia yang beragam.

Keberadaan Masjid Nurul Hiqmah dan GITJ Tempur yang berhadapan, menunjukkan kerukunan warga. Foto: Imam Sukoco

Kerukunan itu juga nampak nyata pada   pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H,Senin (17/6-2024)  “Di RW 03 Dukuh Pekosa Desa Tempur terdapat hewan kurban 6 sapi dan 6 kambing dengan  jumlah penerima daging kurban 296 KK meliputi warga muslim dan non muslim,” ujar  Ketua Panitia Qurban, Kiswantoro.

Panitia penyembelihan hewan kurban di Dukuh Pekoso Desa Tempur, 17 Juni 2024. Foto: Imam Sukoco

Ia menjelaskan, masing-masing  KK mendapatkan daging kurban yang sama yaitu 2 kg, baik Islam maupun Kristen. ,” terang Kiswantoro yang didampingi  juga sekretaris panitia Aris dan bendahara Samadi.

Ketua Panitia Qurban, Kiswantoro saat memberikan sambutan sesaat sebelum penyembelihan hewan kurban, Senin 17 Juni 2024. Foto: Imam Sukoco

Acara Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H di Dukuh Pekoso Desa Tempur,  dimulai dengan sholat Idul Adha dan khotbah, kenduren oleh warga di Masjid Nurul Hiqmah dukuh Pekosa, persiapan penyembelihan, penyembelihan hewan kurban oleh panitia dan pendistribusian daging hewan  qurban oleh panitia ke rumah-rumah.

Pengarahan penyembelihan hewan kurban oleh panitia, 17 Juni 2024. Foto: Imam Sukoco

Berdasarkan data yang dihimpun oleh kontributor SUARABARU.ID, untuk hewan korban di seluruh Desa Tempur terdiri dari sapi 28 ekor dan kambing 42 ekor dengan jumlah penerima daging kurban 1.398 KK. Untuk pelaksanaannya dilakukan hingga 3 hari  ke depan.

Hadepe – Imam Sukoco