Kegiatan Marketing Skill Up Edisi Khusus Desa Wisata Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Foto: Dok/Humas

Agus menambahkan, Marketing Skill Up Edisi Desa Wisata Jatirejo ini tidak berdiri sendiri, tapi merupakan serangkaian kegiatan untuk menjadikan Deswita Jatirejo setara, bahkan melampaui Desa Wisata Kandri.

“Desa wisata Kandri menjadi tolok ukur karena sudah diakui sebagai desa wisata berkelanjutan oleh Kemenparekraf, dan mampu membuat serta menjual paket wisata yang bernilai miliaran rupiah setiap tahunnya, sehingga berdampak ekonomi bagi masyarakatnya,” ujar Kharis yang juga seorang ASN di Dinas Pariwisata Kota Semarang, belum lama ini.

Sibarista Marketer Award 2024

Melalui kegiatan ini, pasca marketing skill up, seluruh peserta akan menjalani pemagangan selama 1,5 bulan. Dalam pemagangan ini peserta diminta menawarkan paket wisata ke target pasar. Seperti, sekolah, dinas, institusi swasta dan lainnya yang mempunyai kebutuhan paket wisata edukasi sesuai di Jatirejo.

Sementara 3 peserta dengan pencapaian penjualan terbanyak secara volume dan nilai rupiahnya akan menjadi finalis dalam Sibarista Marketer Award 2024. Dimana akan memperebutkan piala bergilir dari Sibarista yang sangat bergengsi dan uang pembinaan.

“Bagi kami program pemberdayaan masyarakat Desa Wisata Jatirejo merupakan bagian dari program 10 Kandri Baru yang kami gagas untuk menaikkan level desa wisata yang ada di Kota Semarang ke level nasional,” harapnya.

Sementara Desa Wisata Kandri sendiri dinaikkan levelnya ke kancah internasional, dimulai dari target pasar sekolah-sekolah internasional dan ekspatriat yang ada di Semarang dan Jawa Tengah.

Ning S