Seluruh siswa Madrasah Aliyah Al Kahfi melakukan deklarasi komitmen Madrasah Aman dan Sehat, Kamis 13 Juni 2024, Foto: Mubarokah.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Madrasah Aliyah Al Kahfi melakukan deklarasi komitmen Madrasah Aman dan Sehat yang diikuti seluruh warga madrasah baik guru dan murid pada hari kamis (13/6) di ruang pertemuan madrasah tersebut. Kegiatan  dipimpin oleh kepala Madrasah Ahmad Sirojudin Abbas S.E., M. Pd. Deklarasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dari warga untuk mewujudkan madrasah yang mampu memenuhi rasa aman dan sehat.

Kepala MA Al Kahfi Ahmad Sirojudin Abbas, S.E., M. Pd, saat tandatangani deklarasi , Kamis 13 Juni 2024 Foto :Mubarokah

Menurut Kepala MA Al Kahfi Ahmad Sirojudin Abbas, S.E., M. Pd, Deklarasi Madrasah Aman dan Sehat  merupakan komitmen seluruh warga madrasah untuk menciptakan dan mewujudkan madrasah yang aman dan sehat untuk setiap warganya secara terencana dan bertanggung jawab.

“Deklarasi Madrasah Aman dan Sehat merupakan tahapan awal dalam upaya mewujudkan rasa aman dan tubuh yang sehat, selain itu harapannya menciptakan hubungan antar warga madrasah yang baik, akrab, dan berkualitas dengan jiwa dan raga yang sehat, sehingga proses pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan rasa nyaman, bahagia, dan tujuan pendidikan tercapai,” ujar Ahmad Sirojudin Abbas

Kepala MA Al Kahfi dan Waka Kesiswaan udsai menanndatangani deklarasi Komitmen Madrasah Aman dan Sehat, Kamis 13 Juni 2024, Foto: Mubarokah

Abbas juga menegaskan bahwa melalui deklarasi ini menekankan bahwa madrasah bukan tempat yang mengerikan dan menyakitkan “Melalui deklarasi ini, kami ingin sampaikan bahwa madrasah bukanlah tempat yang mengerikan dan menyakitkan bagi murid. Madrasah memprioritaskan keamanan dan kesehatan baik fisik maupun psikis bagi seluruh warga madrasah dan sekitarnya.”

Salah satu isi dari deklarasi madrasah aman dan sehat tersebut adalah MA Al Kahfi Bawu berkomitmen melaksanakan pembelajaran berbasis cinta, kasih sayang, asah, dan asih tanpa kekerasan baik secara fisik maupun psikis. “Sebenarnya selama ini MA Al Kahfi sudah melaksanakannya hal tersebut dalam proses pembelajaran,” imbuhnya.

Adapun isi dari deklarasi madrasah aman dan sehat ini adalah bahwa seluruh pemangku madrasah sepakat bersungguh-sungguh untuk melaksanakan pembelajaran berbasis cinta, kasih sayang, asah, dan asih tanpa kekerasan baik secara fisik maupun psikis.

Juga menciptakan lingkungan belajar rekreatif yang melindungi, memberi rasa aman, serta kenyamanan bagi seluruh peserta didik. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berakhlakul karimah, disiplin, berprestasi, dan berbudaya lingkungan yang sehat. Memfasilitasi peserta didik untuk berkreasi, berekspresi, berkarya dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran baik intra maupun ekstrakurikuler. Dan mengembangkan program madrasah aman dan sehat.

Hadepe- Mubarokah, C, MA Al Kahfi