Kunjungan National Dong Hwa University, Taiwan di UKSW. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menerima kunjungan istimewa dari National Dong Hwa University, Taiwan pada Rabu (12/6/2024) di Graha Kartini Kampus Kartini UKSW.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D., (AFHEA), Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom, serta para dekan, wakil dekan, dan direktur direktorat di UKSW. Dari pihak National Dong Hwa University, hadir Prof. Hurng Jyuhn Wang, Prof. Doo Chul Kim, Prof. Yung Yung Chang.

Menyambut hangat para delegasi, Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy menyampaikan ucapan selamat datang sambil memperkenalkan para dekan, wakil dekan, dan direktur yang hadir. Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy menekankan pentingnya kunjungan ini dan menyampaikan komitmen UKSW untuk menindaklanjuti kerja sama dengan Memorandum of Understanding (MoU).

Dengan akreditasi Unggul, UKSW terbuka untuk mendiskusikan lebih lanjut berbagai kemungkinan kolaborasi. “Hal ini dilakukan sebagai upaya UKSW untuk mendorong kerja sama internasional guna mencapai World Class University,” tuturnya.

Kolaborasi strategis

Direktur Direktorat Kerja Sama (Diker) Dr. Dian Toar Y.G. Sumakul. M.A., menekankan arti penting dari kerja sama dengan National Dong Hwa University. “National Dong Hwa University merupakan salah satu universitas terkemuka. Dengan menambah mitra baru seperti mereka, kita berharap dapat menjalin berbagai kolaborasi, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, twinning program, penelitian bersama, rekrutmen mahasiswa doktoral, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Prof. Hurng Jyuhn Wang menyatakan rasa syukurnya bisa kembali ke Jawa Tengah. “Ini adalah kunjungan kedua kami ke Jawa Tengah dan kami sangat bersyukur bisa datang. Kami berharap dapat memperkenalkan kampus kami lebih jauh dan menantikan kerja sama yang erat di masa depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya menyambut baik mahasiswa UKSW untuk bergabung dengan program doktoral di National Dong Hwa University.

Prof. Yung Yung Chang memperkenalkan berbagai program dan beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Dong Hwa. “Kami memiliki lebih dari 500 universitas mitra di seluruh dunia dan menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional serta mahasiswa Tiongkok di luar negeri. Program doktoral kami di program Asia-Pacific Regional Studies (APRS) memiliki para dosen dan kurikulum yang sangat kompeten,” jelas Prof. Chang.

Prof. Doo Chul Kim menambahkan antusiasmenya terhadap kemungkinan kolaborasi ini. “Saya sangat tertarik dengan program-program yang kita diskusikan. Saya juga berpikir untuk membawa mahasiswa saya terlibat dalam proyek bersama dengan UKSW,” ungkapnya.

Ning S