Pj Bupati Kudus M Hasan Chabibie saat menyerahkan buku tabungan Simpanan Pelajar secara simbolis ke seorang siswa dalam acara edukasi dan inklusi keuangan yang digelar di pendapa Kudus, Kamis, 13 Juni 2024. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARBARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kudus bersama Otoritas Jasa Keuangan menggelar Edukasi dan Inklusi Keuangan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Acara yang digelar di Pendapa Kudus, Kamis (13/6) tersebut dilakukan agar para siswa memiliki wawasan dalam pengelolaan keuangan sejak dini.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Kudus M Hasan Chabibie mengapresiasi atas langkah strategis dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus dan PT BPR BKK Kudus untuk menyelenggarakan kegiata tersebut.

Menurutnya, kemampuan mengelola keuangan sangat penting dimiliki bagi generasi muda agar dapat membedakan antara kebutuhan konsumtif dan kebutuhan pokok.

“Untuk itu, pemahaman literasi keuangan sejak dini dirasa perlu diajarkan sehingga siswa tahu proses mengelola keuangan yang bermuara pada saving money (tabungan),”tandasnya.

Untuk itu, kata Hasan, peran guru sangat diharapkan dalam membimbing pelajar agar mampu menumbuhkan pemahaman terhadap pengelolaan keuangan yang benar dan aman.

Diharapkan ketika manajemen keuangan telah diajarkan dan mampu dipahami sejak dini oleh para siswa, kedepan tidak menutup kemungkinan seorang pelajar mampu memiliki tabungan yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan cita-cita dan harapan untuk masa depan.

Pj Bupati sangat mengapresiasi upaya-upaya OJK untuk senantiasa mengedukasi dan meningkatkan literasi keuangan kelompok pelajar termasuk menyampaikan harapan kepada para generasi muda agar dapat memanfaatkan momentum edukasi keuangan ini untuk lebih mengenal dan memahami produk dan layanan jasa keuangan serta lebih waspada terhadap tawaran investasi ilegal, pinjol ilegal dan judi online yang dapat menimbulkan kerugian.

“Hari ini pelajar berkumpul untuk menggali lebih dalam mengenai pentingnya edukasi keuangan melalui pemahaman keuangan kita memberikan fondasi yang kuat bagi generasi muda untuk mengelola keuangan mereka dengan bijak di masa depan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, PT BPR BKK Kudus juga meluncurkan produk tabungan khusus bagi pelajar yakni Simpanan Pelajar (Simpel). Peluncuran tersebut ditandai dengan pemberian buku tabungan secara simbolis oleh Pj Bupati kepada beberapa siswa.

Ads-Ali Bustomi