Wonosobo Night Fashion Carnival (WNFC) 2024 yang akan digelar 6 Juli 2024 mendatang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Satu bulan menjelang gelaran event Wonosobo Night Fashion Carnival (WNFC) pada 6 Juli 2024 mendatang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo semakin gencar mempersiapkan acara tersebut.

“Wonosobo Night Fashion Carnival siap digelar 6 Juli 2024 mendatang, WNFC kali ini mengangkat tema A Magical Journey,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo Agus Wibowo, Kamis (13/6/2024).

Agus menambahkan, pihaknya sebelumnya juga sudah melakukan pelatihan kepada masyarakat Wonosobo yang menggeluti dunia fashion.

Bahkan mereka akhirnya terbentuk dalam satu komunitas yang beranggota 60 orang. Mereka telah mempersiapkan diri untuk meramaikan ajang yang akan berlangsung pada 6 Juli mendatang.

“Kita juga telah menggelar sosialisasi dan launching icon costume Wonosobo Night Fashion Carnival 2024 di Pendopo Bupati Wonosobo pada 6 Juni 2024 lalu, kemudian dilanjutkan promosi Icon Costume WNFC di area Alun-alun Wonosobo, Taman Kartini dan Taman Ainun Habibie,” jelas Agus.

Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo menyampaikan tahun ini ada beberapa perbedaan dari WNFC tahun sebelumnya. Mulai dari rute yang akan dilewati oleh peserta akan lebih panjang sehingga Ia berharap akan menyedot semakin banyak penonton.

“Rencananya peserta akan berangkat dari Pendopo Bupati menuju ke selatan melewati Jalan A Yani, kemudian sampai di Pasar Induk belok ke Jalan Pasar II sekaligus melewati Night Market ke barat masuk Jalan Resimen ke utara melalui Jl. P. Diponegoro dan masuk kembali ke Pendopo Bupati melewati gerbang barat,” tambahnya.

Selain itu acara tahunan WNFC ini juga nantinya akan semakin meriah karena pada acara tersebut juga ada malam grand final pemilihan Mas Mbak Duta Wisata Wonosobo.

Selain itu Agus mengaku pihaknya terus menggencarkan promosi agar dapat mendatangkan peserta dari luar Wonosobo. Ia juga mengajak kepada OPD, BUMD, BUMN, serta pelaku usaha, pelaku wisata dan pelaku ekraf di Wonosobo untuk bersiap dan bergabung dengan salah satu event besar ini.

Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan, Agus berharap gelaran ini dapat menambah angka wisatawan yang datang ke Wonosobo.

Dua Kategori

Ada dua kategori dalam gelaran Wonosobo Night Fashion Carnival (WNFC) 2024 pada 6 Juli 2024 mendatang. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Wonosobo Sri Fatonah Ismangil menjelaskan, untuk kategori WNFC tahun 2024 terdiri dari dua kategori, yakni :

Kategori Lokal “A Magical Journey”
1. Journey to the MYTH (Mitos, Tradisi, Cerita Rakyat, Situs)
2. Journey to the SNOW (Bun Upas, Kabut, Dieng)
3. Journey to the SKY (Balon Udara, Paralayang, Lampion)
4. Journey to the LAKE (Telaga, Mata Air, Air Terjun, Bendungan)
5. Journey to the ART (Kesenian Rakyat, Topeng, Bundengan, Batik, Cagar Budaya)
6. Journey to the SWEETS (Carica, Mie Ongklok, Purwaceng, Tempe Kemul)
7. Journey to the SUNRISE (Sikunir, Gunung Prau, Bukit Awan Sikapuk, Gardu Pandang Tieng)

Kategori Festival “A Magical Journey”
1. Pariwisata, Budaya dan Ekonomi Kreatif Indonesia
2. Cagar Budaya, Situs, Kesenian, Kuliner, Kerajinan, Wastra Nusantara.

Fatonah menambahkan, konstum yang mengikuti WNFC belum pernah memenangkan lomba serupa sebelumnya.

Adapun kriteria penilaian meliputi, kesesuaian tema, originalitas dan kebauran kostum, kreatifitas sajian tampilan (performance), detail kostum dan make up.

Untuk juara kategori lokal maupun kategori festival nantinya akan mendapatkan trophy, piaga penghargaan dan uang tunai.

Pendaftaran WNFC tahun 2024 ini gratis, dan telah dibuka sejak tanggal 30 Mei sampai dengan 30 Juni 2024, dengan link pendaftaran https://bit.ly/FormulirWNFC2024_

Kontak person panitia WNFC 2024: Bella 085293918877 atau Danty 089648512816, konsultasi dan informasi dilayani pada jam kerja.

Muharno Zarka