Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono memberikan arahan kepada para sopir. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan Grobogan menggelar kegiatan Terapi Keselamatan, dengan sasaran para pengemudi yang sedang beristirahat di Pangkalan Truk Sukorejo, Selasa 11 Juni 2024.

Kegiatan Terapi Keselamatan ini juga melibatkan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polres Grobogan.

Puluhan sopir truk serta warga yang berada di sekitaran pangkalan truk di Jalan Raya Purwodadi – Solo ini langsung mendatangi lokasi pemeriksaan kesehatan gratis.

Tim media melakukan pemeriksaan awal dengan mengecek tekanan darah, memeriksa suhu tubuh, memeriksa kondisi badan dan juga melakukan tanya jawab adalah terkait riwayat penyakit yang dialami para sopir.

Hadir dalam kegiatan Terapi Keselamatan iniĀ  Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono yang didampingi KBO Ipda Moch Agus Salim serta Kasi Biddokes Polres Grobogan Aiptu Gunarni

Dalam kesempatan itu, Aiptu Gunarni menuturkan para pengemudi yang tengah beristirahat di Pangkalan Truk Sukorejo ini dalam kondisi sehat.

“Dari pemeriksaan, kondisi para pengemudi dalam keadaan sehat. Kami sarankan kepada para sopir, jika lelah agar istirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan, ” jelas Aiptu Gunarni.

Kendaraan Diperiksa

Selain melaksanakan Terapi Keselamatan, kegiatan juga dilanjutkan dengan pemeriksaan armada yang dikemudikan oleh para pengemudi. Dari hasil pengecekan, belasan truk dalam kondisi layak jalan.

“Kondisi kendaraan sopir truk ini dalam keadaan layak jalan. Tetapi dari segi surat-surat dan kelengkapan, ada beberapa kendaraan yang sudah habis masa pajaknya, ” ujar AKP Tejo Suwono.

Kasat Lantas memberikan imbauan kepada para pengemudi untuk memberitahukan kepada perusahaan tempat mereka bekerja supaya segera melakukan perpanjangan STNK.

“Bayar pajak kendaraan tepat waktu. Begitu juga dengan KIR yang sudah lewat jatuh temponya segera lakukan perpanjangan di Dishub setempat, ” ujar AKP Tejo Suwono.

Selain memberikan arahan kepada para pengemudi, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono juga berpesan agar masyarakat tetap mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku di jalan raya.

“Guna meminimalisasi kecelakaan, mulailah lebih dulu dengan patuh terhadap peraturan lalu lintas. Kalau lelah harus beristirahat lebih dulu, baru jalan lagi. Jangan dipaksakan nanti malah terjadi apa-apa di jalan raya, ” imbau AKP Tejo Suwono.

Pemeriksaan gratis kepada sopir lewat program Terapi Keselamatan.Foto Tya Wiedya

Sebelum meninggalkan lokasi, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono berkesempatan untuk memberikan tapi asih kepada para pengemudi dan warga setempat yang kebetulan berada di lokasi Terapi Keselamatan.

Para sopir mengucapkan terimakasih kasih atas perhatian dan kepedulian Satlantas Polres Grobogan dengan adanya kegiatan Terapi Keselamatan ini.

“Terima kasih Satlantas Polres Grobogan. Dengan adanya kegiatan Terapi Keselamatan ini, kami para sopir mendapat pemeriksaan kesehatan secara gratis, ” ungkap Sumarno, pengemudi Colt Diesel.

Tya Wiedya