Kegiatan Posyandu Wijaya Kusuma 4 Desa Jeblog

KLATEN (SUARABARU.ID) – Pos Pelayanan Terpadu atau yang biasa disebut Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu mempunyai tujuan utama mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan manfaat posyandu diantaranya memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, penanggulangan diare. pemeriksaan kehamilan dan nifas, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, imunisasi TT untuk ibu hamil, dan masih banyak lagi.

Guna mengoptimalkan fungsi dan manfaat posyandu tersebut, Devi Rahmawati, STr.Keb., Bdn sebagai Bidan Desa Jeblog, Kabupaten Klaten  memastikan setiap posyandu balita yang ada di desa Jeblog benar-benar dapat memberikan manfaatnya terhadap masyarakat.

Pencatatan administrasi posyandu oleh Bidan Desa Jeblog, terlihat PMT di atas meja.

Menurut Devi, hari Selasa, 11 Juni 2024 berlokasi di Balai Desa Jeblog, Posyandu Wijaya Kusuma 4 melayani timbang badan, ukur panjang badan usia kurang dari 2 tahun, ukur tinggi badan usia 2 hingga 5 tahun, ukur lingkar kepala, juga lingkar lengan.

Beberapa waktu yang lalu menurut Devia fihaknya harus gerak cepat saat ditemukan balita yang memiliki keterlambatan berbicara sehingga segera kita ambil langkah untuk kami konsultasikan ke puskesmas setempat kemudian dirujuk ke Rumah Sakit agar dapat ditangani lebih lanjut.

“Selain pelayanan tadi, kami juga ada pemberian vitamin A pada bulan Februari dan Agustus, pemberian obat cacing pada bulan Maret dan Desember, dan imunisasi pada jadwal yang telah ditentukan.,” ujarnya

Eka Dewi Susanti sebagai Koordinator Kader Posyandu Desa Jeblog turut hadir mendampingi bidan desa di posyandu Wijaya 4 juga pada kunjungan ke posyandu-posyandu yang lain. “Alhamdulillah, untuk PMT kami mendapatkan asupan dari dana desa senilai Rp 7.500,-/menu dengan standar PMT empat bintang yang memenuhi kadar karbohirat, protein, mineral, dan juga vitamin.”papar Eka Dewi.

“Tidak hanya itu, Pemerintah Desa Jeblog melalui dana desa juga mengalokasi kesejahteraan bagi kader posyandu dan alhamdulillah sangat kami syukuri dengan penerimaan selama enam bulan sekali,”pungkas Eka Dewi.

“Jumlah kader posyandu balita Desa Jeblog ada 25 orang, kader posyandu lansia ada 26 orang. Sedangkan untuk kader STBM dan kader jumantik merupakan irisan dari kader posyandu balita dan kader posyandu lansia tersebut.”terang Devi Bidan Desa Jeblog.

“Desa Jeblog sendiri mempunyai 5 posyandu yang tersebar di beberapa dukuhan. Posyandu Wijaya Kusuma 1 pada tanggal 16 tiap bulan, Posyandu Wijaya Kusuma 2 tanggal 14 tiap bulan, Posyandu Wijaya Kusuma 3 tanggal 15 tiap bulan, Posyandu Wijaya Kusuma 4 tanggal 18 tiap bulan, dan Posyandu Wijaya Kusuma 5 tanggal 17 tiap bulan. Untuk kader yang ada di Posyandu Wijaya Kusuma 4 ini diantaranya  Devi Murtiningsih, Murtani, Nafisah, Sri Wahyuti, dan Rina Purwani,”pungkasnya.

Hadepe