Sejumlah panitia dan peserta berfoto bersama usai dilakukannya technical meeting. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra Universitas Semarang (USM), akan menyelenggarakan lomba Gerakan Aksi Paskibra (GAP) VIII 2024, pada 28 Juli 2024.

Pada kegiatan tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Gelora Prof Sudarto USM itu, sampai saat ini sudah ada 26 tim yang mendaftar. Ke-26 tim itu antara lain datang dari SMKN 3 Semarang, SMAN 3 Pekalongan (Tim A) dan (Tim B), SMAN 1 Karangawen, MAN 1 Kota Semarang, MAN 2 Grobogan, SMAN 7 Semarang.

Ada juga SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, SMAN 12 Semarang, SMAN 5 Semarang, SMAN 1 Ungaran, SMK Texmaco Semarang, SMAN 1 Andong Boyolali, SMAN 1 Slawi Tegal, SMAN 9 Semarang, SMAN 1 Demak, SMAN 2 Semarang, MAN 2 Semarang, SMAN 2 Demak, SMA PGRI 1 Pati, SMAN 4 Semarang, SMKN 1 Semarang (Tim A) dan (Tim B).

BACA JUGA: 45 Dosen Prodi Teknik Sipil USM Ikuti Workshop OBE

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, kegiatan ini digelar rutin setiap tahunnya. Dan di tahun ini merupakan event yang kedelapan. ”Saya mengapresiasi usaha seluruh panitia, dan tim yang sudah ambil bagian dalam kegiatan ini,” kata Junaidi.

”Kami berharap, lomba ini rutin digelar setiap tahun, dan menjadi salah satu ikon USM untuk memperkenalkan kepada siswa SMA di Indonesia, agar nantinya para siswa ini dapat melanjutkan kuliah di USM,” ungkapnya.

Menurut dia, lomba yang menyediakan piala bergilir, piala tetap dan sejumlah uang pembinaan ini, juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air. Karena generasi muda ini yang nantinya menjadi pemimpin-pemimpin bangsa.

BACA JUGA: Tim PkM FTP USM Beri Pelatihan Pembuatan Teh Kombucha di SMKN 6 Kendal

Sementara itu, Ketua Panitia, Mar’atus Solekhah menyatakan, tema pada GAP kali ini yaitu, ‘Satria Prakasa Bak Gatotkaca, Wira Lir Srikandi’. Tema itu artinya, Pasukan Perkasa Layaknya Gatotkaca, Pemberani Bagaikan Srikandi.

”Kami berharap, agar acara Gerakan Aksi Paskibra yang kedelapan ini bisa berjalan lancar dan sukses. Sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan, dan juga semua peserta diharapkan mampu menunjukkan sikap disiplin dan sportivitas selama acara berlangsung,” ungkapnya.

Riyan