Sebanyak 45 dosen Teknik Sipil USM, mengikuti Workshop Evaluasi dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (OBE), di Ruang Sidang Modern Gedung Menara USM. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Studi Teknik Sipil Universitas Semarang (USM), menggelar Workshop Evaluasi dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (OBE) bagi dosen, di Ruang Sidang Modern Gedung Menara USM, pada Rabu-Kamis (5-6/6/2024).

Pelatihan yang diikuti 45 dosen Teknik Sipil USM itu, dibuka Dekan Fakultas Teknik USM Dr Purwanto ST MT. Dalam keterangannya, Purwanto mengatakan, tujuan workshop ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran semester serta kurikulum, yang berbasis OBE.

OBE atau Outcome-Based Education adalah, sistem pendidikan yang menitikberatkan pendekatan pada pencapaian pembelajaran. Di mana fokusnya tidak hanya pada materi yang harus diselesaikan, tetapi juga pada hasil akhir.

BACA JUGA: Tim PkM FTP USM Beri Pelatihan Pembuatan Teh Kombucha di SMKN 6 Kendal

”Sistem pendidikan yang dirancang adalah, berfokus pada outcome dan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Prof Bagus Hario Setiadji ST MT PhD. Dalam materinya, Prof Bagus menandaskan, pentingnya penjabaran kurikulum, silabus dalam bentuk rencana pembelajaran semester, sebagai panduan dosen dalam mengajar dengan lebih efektif.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr Anik Kustirini ST MSi menambahkan, OBE merupakan pendekatan pendidikan yang menitikberatkan pada pencapaian pembelajaran dan outcome yang diinginkan.

”Kurikulum ini memastikan proses pembelajaran berlangsung secara inovatif, efektif, dan interaktif. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan baru yang relevan secara global,” ungkap dia.

Riyan