Dewi dan Ayang saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang dilakukan di Studio Radio USM Jaya, yang ada di Gedung N USM, Jumat (7/6/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Peringatan Dies Natalis Ke-37 Universitas Semarang (USM), yang mengusung tema ‘Maju Bersama USM, Hadapi Krisis Global’, akan berlangsung meriah, karena diisi berbagai kegiatan yang melibatkan civitas akademika.

Kepala Satuan Humas USM, Dr Wyati Saddewisasi SE MSi mengatakan, kegiatan untuk memeriahkan Dies Natalis USM ini meliputi Tri Dharma Perguruan tinggi, seperti pendidikan pengajaran, pengabdian, dan penelitian.

”Kegiatannya ada pekan ilmiah untuk civitas di fakultas maupun pascasarjana USM, donor darah, lomba desain logo dan lomba video kreatif bagi mahasiswa USM, lomba voli civitas akademika USM, lomba karoke maraton civitas akademika USM, ziarah ke makam pendiri, tasyakuran, dan nanti di Hari Ulang Tahun USM pada 23 Juni 2024, akan ada jalan sehat,” katanya.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Jateng Tegaskan, Bekerja Harus Profesional dan Berintegritas

Wanita yang akrab disapa Dewi itu menambahkan, kegiatan jalan sehat dapat diikuti baik civitas akademika USM, maupun masyarakat di sekitar lingkungan USM.

”Puncak rangkaian Dies Natalis Ke-37 USM nanti, akan ada upacara dies natalis sekaligus peresmian museum USM, pada 25 Juni 2024,” ujar Dewi, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang dilaksanakan di Studio Radio USM Jaya Gedung N USM, pada Jumat (7/6/2024).

Talkshow yang dipandu Penyiar Radio USM Jaya, Elsa Safira itu, juga menghadirkan narasumber dari Staf Humas USM, Ayang Fitrianti SS MIKom.

BACA JUGA: Pengprov TI Jateng Kukuhkan Dadang Kun Septianto Jadi Ketua Tae Kwon Do Blora

Menurut Ayang, perayaan Dies Natalis USM tahun ini berbeda dengan tahun lalu. ”Tahun lalu masih peralihan habis covid-19, jadi tidak terlalu banyak acara. Waktu itu belum ada ramai-ramainya dan lomba-lombanya, padahal itu yang dinanti. Makanya, di tahun ini kita menggelar banyak kegiatan,” imbuhnya.

Dia kemudian menyebut, kegiatan jalan sehat tiketnya gratis, namun terbatas hanya 1.500 tiket. Ada juga yang sudah berjalan yakni lomba logo dies natalis. Logo yang dipakai sekarang ini merupakan buatan mahasiswa USM.

Ayang merasa bangga, menjadi bagian dari USM yang telah 37 tahun berdiri, dan telah memiliki banyak pencapaian.

BACA JUGA: Astra Motor Ground Breaking Pembangunan Safety Riding Center Jawa Tengah di BSB Semarang

”Kami bangga dengan pencapaian USM. Tapi kami tidak cepat berpuas diri, karena masih perlu banyak bebenah dan menambahkan apa yang kurang. Selama 37 tahun bisa sampai tahap ini tentu mudah, tapi untuk mempertahankannya yang sulit. Semoga USM semakin terus jaya, seperti slogannya. Bisa menjadi jembatan masa depan teman-teman dan semakin jaya,” tandasnya.

Hal senada turut disampaikan Dewi, yang mengungkapkan selama 37 tahun berdiri, USM telah mengalami perkembangan yang pesat. Mulai dari infrastruktur gedung megah, salah satunya gedung menara yang mempunyai 10 lantai dilengkapi sky pool, hingga menjadi universitas swasta dengan mahasiswa terbanyak kedua di Jawa Tengah.

Menurut Dewi, visi misi yang akan dilakukan yaitu, menjadi USM terakreditasi Unggul dengan kegiatan tri dharma perguruan tinggi harus sesuai indikator kinerja utama.

”Ada banyak yang harus dibenahi, seperti kualitas SDM harus ditingkatkan. Karena USM telah memberikan sarana prasarana yang memadai. Kami berharap USM segera Unggul, sudah jaya semakin unggul. Terima kasih untuk semua pihak, baik panitia sampai sponsor yang sudah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Dewi.

Riyan